Cakades Wiraswasta Terbanyak Ramaikan Pilkades Cianjur

Pilkades

RADARCIANJUR.com, CIANJUR – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Cianjur mencatat banyak minat dari wiraswasta atau pengusaha yang mengikuti mengikuti pilkades serentak, Minggu 17 Juli 2022.

Tercatat ada 125 dari 300 Cakades hasil seleksi dan penetapan panitia pilkades di masing-masing desa.

Kabid Penataan Desa dan Kerjasama, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur, Dendy Kristanto mengatakan, data tersebut berdasarkan KTP yang tertulis Wirasawasta dua diantaranya adalah Kades Incumbent.

Selain itu keikutsertaan masyarakat berprofesi sebagai wiraswasta atau pengusaha karena percaya diri memiliki modal besar.

“Kenyataan di lapangan memang yang tertarik untuk menjadi Calon Kepala Desa adalah Wiraswasta dikarenakan juga untuk mencalonkan Kepala Desa, sedikit banyak membutuhkan modal,” katanya.

Hal tersebut berbanding terbalik keikutsertaan PNS dan TNI masih minim.

PNS dan TNI pun kebanyakan merupakan warga asli Desa tersebut sehingga yakin dan percaya diri untuk bertarung di Pilkades.

“Kalau dari beberapa yang mencalonkan dari PNS dan TNI adalah salah satu bentuk keterpanggilan mereka untuk mengabdikan diri di kampung halaman atau Desa dimana mereka berasal atau tinggal,” pungkasnya. (byu)