Giliran Harga Cabai Domba dan Bawang Merah Merangkak Naik

HARUS BERSABAR: Kondisi kenaikan harga bahan masakan seperti cabai domba dan bawang merah brebes saling berlomba naik di pasaran Kota Santri. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Cabai mengalami kenaikan dalam kurun waktu kurang lebih dua bulan terakhir di pasar Kabupaten Cianjur, terlebih cabai domba. Saat ini, harga cabai domba mencapai Rp105 ribu per kilogram. Harga tersebut merangkak naik perlahan pasca Hari Raya Idul Fitri.

Pedagang Bahan Masakan Pasar Induk Cianjur, Ramdan (22) mengatakan, harga merangkak naik secara perlahan. Sementara untuk cabai merah mengalami penurunan dan kini berada di harga Rp80 ribu per kilogram.

“Harganya naik sesudah lebaran, kemungkinan bisa naik lagi harganya,” ujarnya.

Kenaikan tersebut ternyata turut berdampak terhadap pembelian di pasar. Selain itu, dirinya pun hanya menyediakan stok cabai tidak terlalu banyak.

“Pengaruh ke pembeli, biasanya pelanggan sering beli, sekarang berkurang. Kalau kualitas barang, gimana dari kiriman saja sih,” tuturnya.

“Kalau barang bagus, harga juga semakin mahal,” sambungnya.

Selain cabai domba, kenaikan turut berdampak terhadap bawang merah brebes yang kini merangkak 100 persen dari sebelumnya Rp25 ribu per kilogram menjadi Rp50 ribu per kilogram.

Sementara itu, Kabid Perdagangan Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Cianjur, Agus Mulyana mengungkapkan, kenaikan harga tersebut salah satunya dikarenakan faktor cuaca dan pemakaian pupuk.

“Kalau faktornya sepengetahuan saya karena cuaca biasanya. Ini seperti siklus tahunan. Kita berharap kondisi ini bisa cepat kembali normal,” tutupnya. (kim)