Cianjur PTM 100 Persen

KEMBALI SEKOLAH: Siswa di salah satu SD di Kabupaten Cianjur tengah bersiap untuk menyambut tahun ajaran baru secara tatap muka 100 persen. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Seluruh pelajar Kabupaten Cianjur Senin (18/7) kemarin sudah kembali melakukan Kegiatan belajar Mengajar (KBM) di sejumlah sekolah SD hingga SMP.

Selain awal mula tahun ajaran baru, beberapa sekolah pun melakukan memberlakukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) terlebih bagi murid atau siswa yang masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Data dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur, saat ini 1.251 Sekolah Dasar melakukan PTM. Untuk SMP Negeri sebanyak 155 sekolah dan swasta 240 sekolah.

Plt Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur, Akib Ibrahim mengatakan, pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang dilakukan 100 persen berdasarkan hasil musyawarah.

“Mempersilahkan sekolah melakukan PTM 100 persen tapi tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Dirinya mengklaim, selama pelaksanaan PTM pertama ini tidak ada kendala. Berdasarkan hasil dari pantauan Disdikpora Kabupaten Cianjur, seluruhnya berjalan lancar.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar tidak ada kendala. Siswa pun bersemangat melakukan PTM ini,” ungkapnya.

Bupati Cianjur, Herman Suherman menuturkan, terlaksananya PTM di Kabupaten Cianjur dikarenakan berdasarkan indikator zero Covid-19. “Indikator dilakukannya PTM 100 persen karena indikator tidak adanya kasus Covid-19 di Kabupaten Cianjur. Selain itu hasilnya juga kita kan masih level 1,” terangnya.

Selain nol kasus, vaksin anak-anak sudah hampir mencapai 90 persen di Kabupaten Cianjur. Sehingga orang nomor satu di Kabupaten Cianjur ini yakin aman untuk pelaksanaan PTM 100 persen. “Insya Allah aman untuk PTM 100 persen,” singkatnya.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Cianjur, Yoga Natanusya mendukung dengan dilakukannya PTM 100 persen di Kabupaten Cianjur. Pasalnya, dengan PTM 100 persen, anak bisa bersosialisasi secara langsung dengan lingkungan sekolah.

“Intinya saya sangat senang dengan PTM 100 persen ini, semoga kedepannya pembelajaran lebih maksimal dan mencetak generasi-generasi unggul di Kabupaten Cianjur,” jelasnya.

Namun, dirinya mengingatkan agar tidak lengah dengan protokol kesehatan. Sehingga tidak terjadi kasus Covid-19 susulan seperti sebelumnya. (kim)