Keberatan Hasil Pilkades, Calon Kades Diberi Waktu Tiga Hari

Pilkades di Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) telah selesai dilakukan di sejumlah desa di Kabupaten Cianjur. Pasca Pilkades, tak sedikit calon merasa keberatan dengan hasil penghitungan suara. Namun, keberatan tersebut saat ini tidak sampai terjadi kericuhan.

Hingga kemarin, proses masih berlangsung untuk tahapan pleno. Meski beberapa desa sudah melakukan rapat pleno dari hasil pemilihan.

Kepala Bidang Penataan Desa dan Kerja Sama Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur, Dendy Kristanto mengatakan, mekanisme dan kondisi desa berbeda. Sehingga beberapa desa belum melakukan plano.

“Kalau bicara selesai, sebetulnya sudah selesai. Tapi mekanisme dan kondisi setiap desa tidak sama. Ada yang selesai sampai plano, ada juga yang hari ini (kemarin, red) yang plano,” ujarnya.

Lanjutnya, ia mengungkapkan hingga kemarin sudah kurang lebih 50 persen sudah melaksanakan plano. Bahkan, data yang diterima 76 desa sudah masuk data secara quick count atau perhitungan cepat.

“Namanya kompetisi ada aja, tapi semua masih dalam konteks wajar. Tidak ada sampai pengerusakan,” tuturnya.

Saat ini, pihaknya belum bisa mengungkapkan secara gamblang mengenai data desa yang sudah selesai. Pasalnya, masih menunggu keberatan dari calon lainnya hingga tiga hari kedepan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Kalau keberatan masih bisa hingga tiga hari kedepan sesuai dengan regulasi. Tapi jika lewat dari waktu yang ditentukan, langsung ditindaklanjuti oleh panitia dan tertingginya oleh kecamatan itu 14 hari. Jika tidak puas juga, bisa melakukan gugatan ke PTUN,” tutupnya. (kim)