Misbah Sangat Terkesan Dengan Pelayanan Terbaik Dari BPJS Kesehatan Cianjur

Misbah Houtami (59) adalah satu dari sekian banyak masyarakat Kabupaten Cianjur yang telah merasakan langsung manfaat besar dari kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

RADARCIANJUR.com – Misbah Houtami (59) adalah satu dari sekian banyak masyarakat Kabupaten Cianjur yang telah merasakan langsung manfaat besar dari kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Bagi Misbah program ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena kehadirannya sangat berarti untuk masyarakat.

“Alhamdulillah saya bersyukur program ini sangat membantu keluarga saya saat membutuhkan pelayanan kesehatan.” ujar Misbah mengawali perbincangan dengan tim Jamkesnews, Senin (25/07).

Misbah menyampaikan bahwa di akhir bulan Juni lalu istrinya masuk rumah sakit karena sakit diabetes melitus yang sudah lama dideritanya mengharuskan istrinya tersebut menjalani rawat inap.

Diakui oleh Misbah saat itu masih mempunyai tunggakan pembayaran iuran JKN, tetapi diingatkan oleh petugas rumah sakit untuk segera menyelesaikan tunggakannya tersebut.

Mengingat waktu itu sudah memasuki akhir pekan dan khawatir administrasinya akan terlewat, pada hari senin Misbah segera mendatangi kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Cianjur untuk informasi lebih lanjut.

“Namanya kantor yang melayani masyarakat luas wajar kalau saya harus ikut antri seperti peserta lainnya, tetapi Alhamdulillah pelayanan yang saya dapatkan terbaik, ramah dan sangat membantu. Mulai dari petugas keamanan yang saya pertama temui, memastikan pelayanan apa yang saya perlukan, setelah itu di arahkan ke petugas frontliner yang menangani informasi dan keluhan, setelah itu saya lebih intens lagi di hubungi oleh Petugas Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP),” ungkap Misbah.

Petugas PIPP tersebut membantu Misbah untuk memastikan kembali aktifnya kepesertaan Misbah dan Istrinya setelah pembayaran tunggakan dilakukan, memastikan administrasi rawat inap termasuk pembayaran denda pelayanan sesuai dengan ketentuan sampai dengan tuntas, serta tentunya selalu siap memberikan informasi yang Misbah butuhkan.

“Sungguh saya sangat terbantu sekali dengan pelayanan petugas – petugas di BPJS Kesehatan Cianjur, sampai dengan istri saya pulang rawat inap di rumah sakit pun semua berjalan lancar tanpa kendala.” kata Misbah.

Misbah dan keluarganya yang sudah terdaftar menjadi peserta JKN tahun 2014 sangat merasakan adanya perubahan yang siginifikan dan selalu terasa peningkatannya dari dari tahun ke tahun pelaksanaan program JKN ini.

“Setahu saya di Cianjur itu semua rumah sakit sudah bisa melayani peserta JKN, dan koordinasi antara petugas rumah sakit serta petugas BPJS Kesehatan pun sudah banyak berubah dan terjalin lebih baik sehingga kami pun sebagai peserta sangat terbantu,” ungkap Misbah.

Dengan pengalamannya tersebut Misbah hanya bisa memanjatkan syukur yang teramat dalam dan berharap semangat gotong royong masyarakat melalui program JKN ini semakin meningkat, tidak ada lagi keraguan masyarakat untuk segera mendaftar menjadi peserta, serta tentunya dengan kesadaran penuh untuk selalu membayar iurannya tepat waktu.

“Kita tidak tahu kapan sakit itu akan datang, segeralah menjadi peserta JKN, jangan ada keraguan lagi.” himbau Misbah. (*/ars)