Ponpes Sagaranten Sukabumi Hangus Terbakar

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com, SUKABUMI – Asrama Pondok Pesantren Al-Mustopa di Kampung Cibubgur, RT (03/01) Desa Datarnangka, Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi hangus terbakar hingga nyaris rata dengan tanah.

Koordinator Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalop) pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Nanang Sudrajat kepada Radar Sukabumi mengatakan, peristiwa bencana kebakaran yang terjadi pada Rabu (27/07) sekira pukul 21.30 WIB ini, tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka akibat bencana kebakaran itu.

“Hanya saja pemilik Ponpes mengalami kerugian materil ditaksir hingga mencapai Rp50 juta,” kata Nanang Sudrajat kepada Radar Sukabumi pada Kamis (28/07).

Akibat bencana kebakaran itu, saat ini bangunan Pondok Pesantren Al-Mustopa di Kampung Cibubgur, RT 03/01 Desa Datamangka, Kecamatan Sagaranten tersebut, sudah tidak bisa tempati atau digunakan sebagai mana fungsinya. Lantaran, bangunan ponpes asrama tersebut hangus dilalap si jago merah hingga nyaris rata dengan tanah.

“Selain itu, api juga mengahungskan barang-barang lainnya. Seperti pakaian dan peralatan belajar lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Komandan Posko VIII Sagaranten, Raijal Asikin pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Sukabumi mengatakan, setelah petugas menerima laporan dari warga soak kejadian itu, petugas langsung bergegas menuju tempat lokasi kebakaran.

“Iya, saat peristiwa kebakaran petugas damkar langsung menuju lokasi dan melakukan evakuasi dan pemadaman api,” jelasnya.

Tak selang beberapa lama, akhirnya petugas damkar Posko VIII Sagaranten berhasil menjinakan api dengan babtuan warga setempat dan berkoordinasi dengan unsur Muspika Sagaranten.

“Iya, kalau dugaannya api berasal dari korsleting listrik. Petugas kesulitan memadamkan api. Karena memang bangunan ponpes yang terbalar mayoritas terbuat dari material yang mudah terbakar,” pungkasnya. (Den/rsmi)