Yamaha Peduli Dunia Pendidikan, Dengan Membangun Kualitas SDM Siap Pakai Melalui Program YES

PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menyelenggarakan suatu program training untuk generasi muda supaya mempunyai skill yang bisa diandalkan. Training ini diberi nama YES (Yamaha Engineering School).

RADARCIANJUR.com – Sebagaimana kita ketahui bahwa lulusan sekolah menengah atas khususnya SMK, setiap tahunnya cukup banyak dan dari sekian diantara mereka tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi karena berbagai permasalahan.

Hal ini menyebabkan pengangguran akan semakin bertambah, karena dunia kerja yang ada tidak sesuai dengan skill yang dimiliki atau rendahnya skill yang dimiliki.

Melihat hal tersebut, sebagai tanggung jawab sosial kepada masyarakat, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menyelenggarakan suatu program training untuk generasi muda supaya mempunyai skill yang bisa diandalkan. Training ini diberi nama YES (Yamaha Engineering School).

Adapun tujuan training tersebut adalah untuk memberi bekal teknik sepeda motor YAMAHA dan wirausaha perbengkelan sehingga lulusannya akan mampu menjadi pengusaha bengkel atau menjadi Teknisi sepeda motor YAMAHA yang profesional.

YES memulai angkatan pertamanya pada tahun 1990 di bawah perijinan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Setahun kemudian pelatihan ini diresmikan dengan nama Yamaha Motor Engineering Training Center oleh Menteri Tenaga Kerja, Bpk. Cosmas Batubara, sehingga mulai saat itu resmi menjalankan aktifitasnya di bawah perijinan Departemen Tenaga Kerja.

Hadir dengan misi sosial, dalam perkembangannya YES berhasil meraih Presiden Award di Jepang, sebagai program terbaik CSR (Corporate Social Responsibility) tingkat dunia, pada tahun 2006. Hal ini tidak mengherankan karena YES dibina langsung oleh instruktur Yamaha yang berkualitas, kurikulum dan fasilitas pelatihan yang lengkap, dan tanpa dipungut biaya sedikit pun. Sehingga konsepnya diikuti oleh negara lain seperti Brasil, Vietnam dan beberapa Negara Asia Lainnya.

Perkembangan minat masyarakat yang cukup tinggi dan peningkatan kebutuhan tenaga kerja yang berkualitas mendorong Yamaha membuka YES di kota-kota lain selain Jakarta. Hingga saat ini YES yang telah menghasilkan lebih dari 4000 lulusan ini dibuka di 13 kota besar di seluruh Indonesia, yaitu : Surabaya, Bandung, Semarang, Bali, Medan, Palembang, Padang, Jakarta, Pontianak, Makassar, Medan, Pekan baru dan Banjarmasin.

YES Bandung dimulai sejak tahun 2007, sehingga YES tahun ini adalah angkatan ke – XIV untuk area Jawa Barat, jumlah peserta ada 12 Siswa. Dengan masa pendidikan 4,5 bulan dengan kurikulum 1,5 bulan teori, 1,5 bulan praktek dan 1,5 bulan OJT di bengkel resmi Yamaha.

Dengan adanya Program YES di Jawa Barat diharapkan dapat : Mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia siap pakai khususnya lulusan SMK.

Memenuhi kebutuhan teknisi di Bengkel Resmi Yamaha khususnya untuk area Jawa Barat.

Bila memungkinkan lulusan YES bisa membuka lapangan usaha sendiri khususnya Bengkel Sepeda Motor di tempat asal mereka.

Akhir kata selamat kepada siwa YES XIV – 2022 semoga kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda di Jawa Barat dan siap untuk bekerja ataupun membuka bisnis di dunia sepeda motor.(*/ndk)