Peringati Tahun Baru Islam, Karang Taruna Limbangansari Gelar Pawai Obor dan Kesenian Debus

Peringati Tahun Baru Islam 1444 Hijriah, Karangtaruna Grantang Setra Desa Limbangansari gelar kegiatan pawai obor serta kesenian debus.

RADARCIANJUR.com – Peringati Tahun Baru Islam 1444 Hijriah, Karangtaruna Grantang Setra Desa Limbangansari, Kecamatan Cianjur gelar kegiatan pawai obor serta kesenian debus.

Acara tersebut diikuti ribuan warga Desa Limbangansari Cianjur. Dihadiri langsung oleh Kepala Desa Limbangansari Akhmad Sudrajat, Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta jajaran Ormas Pemuda Pancasila (PP) ranting Desa Limbangansari dan ranting Desa Mekarsari Kecamatan Cianjur.

Ketua Karang Taruna Desa Limbangansari, Kecamatan Cianjur, yang juga sekaligus Ketua Panitia, Dandan RJ mengatakan, terselenggaranya kegiatan pawai obor ini dalam rangka menyambut tahun baru Islam ke 1444 Hijriah tahun 2022.

“Selain pawai obor, dalam menyambut tahun baru Islam ini digelar juga kesenian debus,” katanya.

Dandan menuturkan, sekitar tiga ribuan peserta yang mengikuti pawai obor dan acara kegiatan kesenian debus ini.

“Kegiatan ini pun salah satu upaya untuk melestarikan kesenian-kesenian yang ada di Jawa Barat, khususnya di Cianjur seperti halnya kesenian debus ini,” katanya.

Dandan menambahkan, kegiatan penampilan kesenian debus ini akan menjadi perhelatan rutinan, minimalnya setahun sekali yang akan dilaksanakan Karang Taruna Desa Limbangansari, karena seni debus ini sudah hampir musnah bahkan tidak ada. Jadi kalau bukan kita yang melestarikannya, siapa lagi,”ujarnya.

Senada diucapkan Kepala Desa Limbangansari, Akhmad Sudrajat mengatakan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar Karang Taruna Desa Limbangansari.

“Semoga kegiatan ini tergelar setiap tahunnya, yang menjadikan momen silaturahmi antar warga Desa Limbangansari, khususnya pada momen menyambut tahun baru Islam,” harapnya.

Bhabinkamtibmas Desa Limbangansari, AIPTU Dindin Solihin mengatakan, ini selalu digelar setiap tahunnya.

“Harapan ke depannya kegiatan ini selalu tergelar dengan meriah, karena sebagai pelopor kegiatan yang positif,” tandasnya.(ndk)