Desa Mekarwangi Suplai Kebutuhan Petani Milenial

SIMBOLIS: Pemdes Mekarwangi Kecamatan Haurwangi menyerahkan alat untuk memproses panen hasil tani kepada petani milenial di Desa Mekarwangi. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com- Petani milenial Desa Mekarwangi Kecamatan Haurwangi akan lebih giat lagi dalam melakukan peningkatan pertanian di Cianjur wilayah Timur ini. Pasalnya, Pemdes Mekarwangi memberikan bantuan berbagai macam jenis mesin pasca panen seperti mesin rontog padi dan mesin giling gabah mini. Selain itu juga, turut diberikan benih jagung dan benih ikan nila.

Bantuan tersebut merupakan program ketahanan pangan Desa Mekarwangi yang berasal dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022 tahap kedua yang turut disaksikan oleh warga sekitar, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Kepala Desa Mekarwangi, Cecep Surahman mengatakan, pembagian penyaluran alat pasca panen padi berbentuk mesin rontog padi, mesin gabah mini, benih jagung dan benih ikan nila, pada kelompok tani milenial atau Taruna Tani yang ada di tujuh ke-RW-an, itu merupakan program ketahanan pangan yang biayanya diambil dari DD Tahun Anggaran 2022 tahap ke dua.

Hal itu dilakukan pemerintah, tak lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri, supaya mampu meningkatkan ketahanan pangan di lingkungan masyarakat.

“Maka dengan itu, diharapkan seluruh masyarakat juga para pemuda harus mampu berinovatif dan kreatif jauh dari malas maka ketahanan pangan akan bisa diatasi dengan baik dan benar, semoga masyarakat Desa Mekarwangi kedepannya lebih sejahtera,” ujarnya.

Selain itu pihaknya mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi pada Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Mekarwangi yang selalu membantu kelancaran pendistribusian berbagai program termasuk ketika pendistribusian mesin Perontog, mesin giling gabah mini, dan benih jagung dan benih ikan nila.

“Saya berharap, ini bisa dimanfaatkan dengan baik tentunya. Sehingga turut memajukan desa,” tutupnya. (kim)