Siswa Sebrangi Sungai ke Sekolah, Jembatan Harus Segera Dibangun

MIRIS: Puluhan Siswa SDN Padawaras, Kecamatan Cikadu harus menyebrangi sungai Ciujung dengan arus deras untuk menuntut ilmu sekolah. Foto : Istimewa

RADARCIANJUR.com- Pemerhati dari Ketua DPD LSM Prabhu Indonesia Jaya Kabupaten Cianjur meminta Pemkab Cianjur mulai dari tingkat desa hingga kabupaten segera membangun jembatan untuk warga dan pelajar di Cikadu Cianjur jangan sampai menunggu jatuh korban.

Seharusnya ada reaksi cepat membangun jembatan darurat atau semacamnya jika hanyut tahun 2018 sebelum ada pandemi covid-19.

Ketua DPD LSM Prabhu Indonesia Jaya Kabupaten Cianjur Hendra Malik mengatakan, miris melihat siswa-siswi SD mencari ilmu dengan mempertaruhkan nyawa.

BACA JUGA : Miris, Puluhan Siswa SDN Padawaras Sebrangi Sungai Deras untuk Pergi Sekolah

“Kondisi air tak bisa diprediksi, musim biasa bisa saja banjir. Harus jadi perhatian khusus dari mulai desa sampai kabupaten, harus merealisasikan secepatnya karena saya melihat dan membaca sangat bahaya sekali,” katanya, Senin (01/07/2022).

Ia meminta pemerintah segera melakukan komunikasi dan mencari jalan keluar yang baik.

“Kalau dilihat dari tahun 2018 seolah terkesan pembiaran dan tak terlalu penting padahal ini menyangkut hak dan jalan penghubung warga,” ujarnya.

Ia menjelaskan, jembatan sangat bermanfaat sekali bagi anak sekolah dan kegiatan ekonomi lainnya kenapa dari 2018 sampai 2022 bisa terabaikan.

Hendra berharap, pemerintah mulai dari desa sampai kabupaten mencari jalan keluar bagaimana jembatan tersebut bisa dibangun untuk kepentingan masyarakat pasti ada jalan keluar secepatnya bisa terlaksana.

“Jangan sampai menunggu jatuh korban dan menjadi prioritas setelah itu,” pungkasnya. (byu)