KIB di Cianjur, Mungkinkah Berlanjut di Pilkada?

Pimpinan partai di Cianjur dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Foto : Bayu Nurmuslim

RADARCIANJUR.com- Hubungan harmonis tiga partai di Kabupaten Cianjur yakni Golkar, PPP dan PAN semakin membuat Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) semakin kuat.

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 2022 DPD Golkar di hotel Delaga Biru yang berada di kecamatan Pacet pun turut menjadi ajang pembuatan nota kesepakatan sebagai tindak lanjut pimpinan pusat partai masing-masing, Jum’at (05/08/2022).

Selain itu ketiga partai menyatakan tindaklanjut Koalisi KIB kemungkinan tak hanya berurusan dengan Pileg dan Pilpres saja, kesolidan pun akan berlanjut pada Pilkada Kabupaten Cianjur.

Ketua DPW Golkar Jabar TB Ace Hasan Sadzily mengatakan, koalisi dengan partai lain sudah digariskan oleh DPP Golkar pusat sehingga telah menyatukan diri dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Proses penandatanganan koalisi ini merupakan kebijakaan dari pusat ke provinsi kemudian daerah,” katanya.

Selain itu ia menyatakan gaung KIB telah menjadi fenomena di masyarakat.

“Kita harapkan KIB ini akan bekerja dan sudah mengakar di masyarakat serta telah menancapkan kuku,” ujarnya.

Sementara itu Ketua DPD PPP Cianjur Jimmy Perkasa Has mengatakan, koalisi mesra ketiga partai kemungkinan dapat berlanjut saat pesta demokrasi Pilkada Kabupaten Cianjur tahun 2024.

“Untuk pilkada bukan tidak menutup kemungkinan karena hari ini kita bagian dari koalisi yang tidak terpisahkan,” kata Jimmy.

Selain itu politisi senior itu pun menyebut, keterujian solidnya kaolisi PPP, Golkar dan PAN sudah dibuktikan dalam Pilkada tahun lalu.

“Bicara Pilkada kemarin saja saya bersatu dengan Golkar dan PAN,” ujarnya.

Disisi lain, Ketua DPD PAN Cianjur Herlan Firmansyah mengatakan, dengan memenangkan Pileg dan Pilpres menjadi modal kepercayaan diri untuk berbicara di Pilkada Kabupaten Cianjur.

“Jadi kita harus menang dulu di Pileg dan Pilpres. Itu menjadikan kami semakin pede di Pilkada nanti,” kata Herlan.

Ketua DPD Golkar Cianjur TB Mulyana Syahrudin berharap, dengan koalisi ketiga partai dapat lebih membawa perubahan lebih baik.

“Harapannya bisa padu sesuai dengan target DPP masing-masing,” tandasnya. (byu)