Pemkab Cianjur Setengah Mati Kelola Wisata, Bakal Gandeng Swasta

Kampung Budaya Pandanwangi

RADARCIANJUR.com – Tak mudah untuk pemkab Cianjur untuk mengelola tempat wisata yang ada di Cianjur. Alih-alih untuk meningkatkan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD), pemkab Cianjur pun berencana akan bekerjasama dengan pihak swasta.

Pemkab tengah mengalami kesulitan karena permasalahan anggaran untuk pengelolaan meski saat ini pandemi Covid-19 sudah menurun.

Beberapa tempat wisata pun sudah ada yang telah beralih dikelola oleh pihak swasta seperti Pandanwangi dan Lapang Prawatasari.

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, ada kendala dalam hal pengelolaan tempat wisata. “Sektor wisata sebelum covid mengadakan spot-spot. Sekarang kita sudah pasca pandemi ada kendala di anggaran,” katanya, Selasa (30/08).

Untuk mengatasi hal tersebut, Pemkab Cianjur pun akan menggandeng pihak swasta dalam hal sewa kelola tempat wisata. “Saya ingin bekerja sama dengan pihak swasta. Karena kita tidak mampu dengan anggaran,” ujarnya.

Selain itu, ketidakmampuan Pemkab Cianjur untuk mengelola beberapa tempat wisata disebabkan tengah fokus dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). “Karena kita tidak mampu sementara fokus pada IPM dulu,” tandasnya. (byu)