Kades Terpilih di Cibeber Tolak Dilantik di Desa, Ini Alasannya

RADARCIANJUR.com- Kepala Desa terpilih Desa Cimanggu Kecamatan Cibeber Iman Budiman mengaku pihaknya menolak pelantikan kades terpilih digelar desa.

Diketahui, Bupati Cianjur Herman Suherman akan segera melantik sebanyak 77 Kepala Desa terpilih yang akan dilaksanakan di setiap desa di sejumlah kecamatan.

Iman Budiman mengatakan, ia menolak pelantikan di kantor Desanya karena rawan terjadinya gesekan.

“Kemarinkan kita habis selesai menggelar pesta demokrasi ditingkat desa, dan ada gesekan-gesekan dengan calon lain, jadi takutnya kalau ada pelantikan di desa nanti khawatir ada gesekan baru,” katanya.

Menurutnya, saat ini situasi di Desa Cimanggu pasca Pilkades sudah kondusif. Namun apabila pelantikan digelar di desa dengan meriah, dikhawatirkan adanya pihak yang tidak menerima.

“Gimana kalau ada pihak yang belum legowo, dan tidak menerima kekalahan itu bisa menimbulkan sentimental,” ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan banyak kepala desa terpilih lainnya yang juga menolak pelantikan dilaksanakan disetiap desa masing-masing.

“Harapan kami dari kades terpilih Pemkab Cianjur supaya pelantikan dilakukan di Kecamatan atau di Pendopo Cianjur, biar tidak ada gesekan dengan pihak yang belum menerima kekalahan,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Cianjur H.Herman Suherman mengatakan, pelantikan kepala desa yang terpilih itu akan dilakukan selama satu bulan, mulai Kamis (01/09/2022) hingga akhir bulan september.

“Pelantikan akan dimulai dulu di desa yang perbatasan dengan Purwakarta, yaitu di Desa Cigunung Herang, terus keliling dan berakhir di Kecamatan Cikadu,” kata Herman.

Namun, dari 77 kepala desa yang sudah terpilih itu, terpaksa harus ditunda atu belum diagendakan, karena masih ada sengketa yang belum terselesaikan.

“Beberapa desa yang belum diagendakan itu karena ada sejumlah permasalahan yang belum selesai. Namun jika permasalahan itu sudah terselesaikan secara prosedur maka akan langsung dilantik,” tandasnya. (byu)