Minta Kurangi Konsumsi Lagu K-Pop, Netizen Ramai Edit Lagu Korea Jadi Dangdut Koplo, Sandiaga Uno : Gak Gini Maksudnya, Guys

Sandiaga Uno meminta agar anak muda mengurangi konsumsi musik K-Pop.

RADARCIANJUR.com- NETIZEN fans musik K-Pop membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno geleng-geleng kepala. Karena mereka mengedit lagu-lagu Korea menjadi musik dangdut koplo.

Ini lantaran permintaan Sandiaga Uno agar mengurangi konsumsi musik K-Pop dan drama Korea (drakor), lalu menggantinya dengan musik dangdut koplo serta drama sunda.

Sandiaga Uno mengajak masyarakat Indonesia terutama generasi muda untuk lebih banyak mendengarkan musik koplo dan mengurangi konsumi musik K-Pop itu di acara Keuken 2022 : Sunday Funday di Bandung, baru-baru ini.

“Kalau kita kurangi dengar K-Pop atau nonton drakor, kita banyakin nonton drasun (drama Sunda) atau dakop (dangdut koplo), kita mudah-mudahan dalam lima tahun ke depan bisa membalap Korea,” ujarnya.

Fans K-Pop tak tinggal diam atas ajakan itu, di TikTok banyak sekali video editan lagu-lagu girl group dan boy group papan atas yang diubah jadi musik dangdut koplo. Mulai dari lagu BTS, NCT, Girls Generation, Treasure dan lainnya.

Merespon ulah fans K-Pop itu, Sandiaga Uno pun memberikan responnya. Dia mengatakan bukan mengubah lagu Korea menjadi musik dangdut koplo, melainkan benar-benar mendengarkan lagu koplo.

“Bukan gini maksudnya guys, ini maksudnya,” jelasnya lewat potongan video lagu BTS yang dikoploin dan lagu Denny Caknan, Selasa (30/8/2022).

“Bukan berarti lagu luar di-remix dangdut koplo ya guys. Dangdut Koplo (D-Koplo) yang asli ya @denny_caknan dan kawan-kawan dong,” sambungnya.

Dia mengatakan optimis ekonomi kreatif Indonesia bisa menyusul Korea jika kita lebih banyak mengonsumsi produk lokal.

“Berkat dukungan kalian, saya optimis Ekonomi Kreatif Indonesia bisa menciptakan lebih banyak lagi lapangan kerja. Dan, yang sekarang ranking 3 dunia bisa segara menyusul Korea yang berada di urutan ke-2,” jelasnya.

Sandiaga menegaskan dirinya tidak melarang netizen mendengarkan lagu K-Pop. “Bukan melarang ya guys, hanya mengingatkan untuk jangan lupa mendukung musisi lokal kita,” tegasnya.

Namun, netizen tampaknya semuanya sepakat dengan Sandiaga Uno. Mereka meminta ada perbaikan sinetron Indonesia dan musik Indonesia agar netizen bisa berpaling dari musik K-Pop dan drakor ke produk lokal.

(nin/pojoksatu)