Bahar Bin Smith Bebas, Tinggalkan Rutan Kamis Dini Hari

Bahar bin Smith. Foto: Taofik Achmad Hidayat/Dok. Radar Bandung

RADARCIANJUR.com, BANDUNG – Bahar Bin Smith resmi dinyatakan bebas pada hari ini, Kamis (1/9). Sekitar pukul 03.00 WIB, dia sudah keluar dari Rumah Tahanan Polda Jawa Barat.

“Iya, sekitar jam 3 tadi pagi,” ujar pengacara Bahar, Ichwan Tuankotta saat dikonfirmasi.

Ichwan mengatakan, Bahar selanjutnya langsung menuju kediamannya di Bogor, Jawa Barat. Dia memilih berkumpul bersama keluarga usai menjalani masa penahanan. “Kami meluncur dari Rutan Polda Jabar menuju kediaman beliau di Pondok Tajul Alawiyyin, Parung, Bogor,” jelasnya.

Diketahui, Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Bandung perintahkan terpidana kasus penyiaran kabar yang tak pasti yakni penceramah Bahar Smith dikeluarkan dari rumah tahanan.

”Memerintahkan agar terdakwa dikeluarkan dari tahanan di Rumah Tahanan Negara,” kata Ketua Majelis Hakim Untung Widarto dikutip dari daftar putusan Mahkamah Agung seperti dilansir dari Antara di Bandung, Rabu (31/8).

Adapun perintah itu dilakukan setelah majelis hakim menerima banding dari jaksa penuntut umum dan memperbaiki vonis yang telah dijatuhkan Pengadilan Negeri Bandung.

Adapun perkara yang menjerat Bahar itu berkaitan dengan ujarannya saat mengisi ceramah di Kabupaten Bandung. Saat itu, dia menyebut Rizieq Shihab dipenjara karena menggelar Maulid Nabi dan enam laskar FPI disiksa hingga tewas.

(jawapos)