71 Kades Akan Dilantik, Enam Kades Belum Dapatkan Jadwal

Pelantikan yang langsung dilakukan secara simbolis oleh Bupati Cianjur H. Herman Suherman. Foto : Bayu Nurmuslim

RADARCIANJUR.com – Sebanyak 77 Kepala Desa (Kades) di Cianjur akan dilantik secara maraton oleh Bupati Cianjur Herman Suherman. Dari total tersebut sebanyak enam kades nunggu jadwal pelantikan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).

Seperti halnya pada Kamis (1/9), Bupati Cianjur telah melantik secara maraton tiga kepala desa terpilih di Kecamatan Cikalongkulon. Kepala desa tersebut di antaranya Kepala Desa Mekarsari Dodo, Kepala Desa Majalaya Mita Sasmita dan Kepala Desa Padajaya Dadang Saputra.

Sedangkan pada Jumat (2/9) telah melantik kades terpilih di Desa Jamali, Kecamatan Mande yakni Cece Rusmana. Pelantikan tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan secara roadshow atau maraton, berbeda dari gelaran pasca Pilkades tidak dilakukan di masing-masing desa.

Sebelum dilakukan pelantikan kades terpilih di Desa Jamali, orang nomor satu di Kabupaten Cianjur itu juga melakukan pelantikan di Desa Cigunungherang, Warungdoyong, Mentengsari yang ketiganya berada di Kecamatan Cikalongkulon.

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, pelantikan di Desa Jamali merupakan penutupan pelantikan dari empat kades yang terpilih kemarin. “Hari ini (kemarin, red) kita pelantikan ada di empat desa dan ini pelantikan terakhir,” katanya.

Herman menambahkan, Pemerintah Kabupaten Cianjur sengaja melakukan pelantikan di masing-masing desa berbeda dari gelaran pilkades sebelumnya. “Kami sengaja melakukan pelantikan di masing-masing desa agar sekalian kami menyampaikan visi-misi agar masyarakat mengetahuinya,” ujarnya.

Sementara itu, kades yang terpilih sudah tiga kali di Desa Jamali, Cece Rusmana mengaku, pihaknya tidak merasa kaget dengan pelantikan yang digelar di kantor Desa Jamali. “Kalau saya kan sudah tiga periode, tidak seperti yang baru menjadi kades pasti kaget. Dengan pelantikan yang berbeda pasca pilkades tahun ini masyarakat jadi dapat menyaksikan,” paparnya.

Menurut data DPMD Cianjur, pelantikan roadshow maupun maraton kades se-Kabupaten Cianjur dilaksanakan selama 22 hari, perharinya Bupati Cianjur Herman Suherman melantik empat hingga enam kades.

Sedangkan wilayah Kecamatan yang dilantik kadesnya di antaranya Cikalongkulon, Mande, Karangtengah, Ciranjang, Haurwangi, Bojongpicung, Cugenang, Gekbrong, Cianjur, Cilaku, Warungkondang, Campaka, Sukanagara, Pacet, Sukaresmi, Pagelaran, Tanggeung, Pasirkuda, Kadupandak, Cijati, Leles, Agrabinta, Sindangbarang, Cidaun, Naringgul, Cikadu, Cibinong dan Cipanas.

Kabid Penataan dan Kerjasama Desa DPMD Kabupaten Cianjur, Dendy Kristianto mengatakan, yang belum terjadwal pelantikan itu ada enam desa karena kondusifitas. “Keenam kades itu yakni Kades Cibadak Kecamatan Cibeber, Kades Sukaraharja Kecamatan Cibeber, Kades Sukajaya Kecamatan Cugenang, Kades Lembahsari Kecamatan Cikalongkulon, Kades Wanasari Kecamatan Agrabinta dan Kades Kertasari Kecamatan Haurwangi,” kata Dendy

Keenam desa itu belum ditempatkan tempat pelantikannya. Sedangkan jadwalnya akan dilaksanakan setelah tanggal 22 September. (byu)