Bantuan Subsidi BBM, Pemkab Bogor Anggarkan Rp14 Miliar

Ilustrasi Bantuan Subsidi BBM

RADARCIANJUR.com, BOGOR- Pemkab Bogor kini tengah mengkaji pengalokasian anggaran untuk bantuan subsidi BBM. Sebanyak Rp14 miliar disediakan untuk membantu masyarakat terdampak kenaikan harga BBM yang terjadi saat ini.

“Dari rasionalisasi anggaran, jadi bukan dana dari pusat masuk Rp14 miliar. Dananya sudah ada, sekarang kita rasionalisasi kita sediakan Rp14 miliar untuk itu, sedang kita rapatkan,” ucap Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, Teuku Mulya kepada wartawan Selasa (6/9/2022).

Menurutnya, hal itu juga berdasarkan instruksi pemerintah pusat yang meminta 2 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU). Namun demikian, pihaknya belum mengetahui seperti apa bentuk bantuan subsidi BBM yang dimaksud.

“Subsidinya mau bagaimana, apakah disubsidi dari harga bensin atau pertalite melalui angkutannya? ini belum ada juklak teknisnya,” papar Teuku Mulya.

Terpisah, Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, Ruhiyat Sujana menegaskan siap untuk mengawal program bantuan subsidi BBM tersebut. Terlebih dirinya menolak keras kenaikan harga BBM.

“Menolak keras kenaikan BBM ini. Namun poinnya, program yang Pemkab Bogor anggarkan untuk ini dapat tepat sasaran,” ucapnya.

Dia berharap, program bantuan subsidi BBM ini dikhususkan bagi masyarakat yang benar-benar terdampak dan belum tersentuh bantuan.

Apalagi banyak terjadi di program bantuan ganda yang didapat oleh sebagian masyarakat. Padahal masih banyak masyarakat berstatus miskin yang belum tersentuh bantuan.

“Maka saya berharap kepada dinas sosial dan instansi terkait untuk selektif melakukan pendataan, anggaran yang terbatas ini dapat tepat sasaran, apalagi kondisi APBD hari ini sedang tidak baik-baik saja,” tukas Ruhiyat Sujana.

(cok)