Gedung Serbaguna SMPN 2 Cikadu Roboh

Kondisi gedung serbaguna SMPN 2 Cikadu

RADARCIANJUR.com- Disdikpora Cianjur menyatakan bahwa bangunan yang roboh di SMPN 2 Cikadu bukan ruang kelas melainkan ruangan serbaguna.

Sebelumnya beredar kabar atap satu ruang kelas milik SMPN 2 Cikadu ambruk sehingga kegiatan belajar mengajar siswa dialihkan ke kelas lainnya.

Diketahui Gedung serbaguna itu tidak digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar di sekolah tersebut.

Kabid SMP Disdikpora Kabupaten Cianjur, Helmi Halimudin mengatakan, ia telah berkomunikasi dengan kepala sekolahnya terkait gedung tersebut.

“Saya tadi telepon ke kepala sekolah, dan menjelaskan bahwa yang roboh itu bangunan serbaguna, bukan ruang kelas,” katanya, Selasa, (05/09/2022).

Sedangkan mengenai kegunaan gedung tersebut pihak sekolah menggunakan sebagai sarana kegiatan ekstrakulikuler siswa dan kegiatan rapat komite sekolah.

Bangunan serbaguna ini dibangun dari dana APBN sekitar tahun 2006-2007.

“Memang sudah agak lama tidak terawat pasca 2 tahun Covid, sehingga tidak ada pemeliharaan,” ujarnya.

Helmi pun mengaku, menyoal bangunan gedung serbaguna di SMPN 2 Cikadu ambruk harus ada solusi untuk memperbaiki dan melihat dulu darimana sumber anggarannya.

“Untuk perbaikan bisa melalui Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Bantuan Provinsi (Banprov),” ungkapnya.

Ia pun mengimbau kepada para kepala sekolah jika sekolah mengalami kerusakan ringan dapat menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Intinya dapat digunakan untuk pemeliharaan atau perbaikan ringan,” pungkasnya. (byu)