Pengajuan Tuan Rumah Porprov 2026, Cianjur Butuh Stadion

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com- Jika berbicara sepakbola Cianjur, maka yang terbesit adalah prestasi klub sepakbolanya Perkesit yang prestasinya biasa-biasa saja serta minimnya sarana dan olahraga seperti Stadion sepakbola.

Saat ini Kabupaten Cianjur hanya memiliki Stadion Badak Putih yang berada di jantung kota dan masih digunakan untuk menggelar pertandingan.

BACA JUGA : Pertama Kali Sejak 1979, Perempuan Iran Boleh Nonton Pertandingan Sepakbola di Stadion

Pada masa kepemimpinan Bupati sebelumnya Irvan Rivano Muchtar, Kabupaten Cianjur santer berhembus kabar tak hanya akan membuat stadion tetapi juga Sport Center. Namun rencana tersebut tak kunjung tercapai dan hanya menjadi kabar burung.

Ditengah perjuangan KONI Cianjur untuk mengajukan agar Kabupaten Cianjur menjadi tuan rumah Porprov 2026, kini muncul kembali wacana pembangunan stadion.

Mau tak mau jika Kabupaten Cianjur resmi menjadi tuan rumah Porprov 2026, peluang membuat stadion akan terbuka lebar.

Ketua Harian KONI Cianjur Tendi Hidayat mengatakan, pihaknya tengah berjuang agar Kabupaten Cianjur menjadi tuan rumah gelaran Porprov 2026.

Menurutnya jika tiket tuan rumah sudah ada di tangan, maka otomatis Kabupaten Cianjur akan membangun stadion yang anggarannya tentu akan di bantu Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Tentu, kita akan membangun stadion untuk persiapan Porprov 2026. Otomotis kita akan dibantu terkait anggaran pembangunan,” katanya, Minggu, (11/09/2022).

Dalam hitungan anggaran, ia pun telah menaksirkan angka yang sangat besar dan tidak akan terkejar jika mengandalkan anggaran dari Pemkab Cianjur.

“Minimal pembuatan stadion butuh anggaran 100 Milyar untuk stadion berkapasitas dapat menggelar pertandingan di liga 1,” ujarnya.

Ia pun menyatakan, pembangunan stadion akan memerlukan lahan yang sangat luas.

“Butuh sekitar 200 hektare lahan untuk bangun stadion,” ungkapnya.

Rencananya, pembangunan stadion akan berada di wilayah Kecamatan Mande.

“Ada beberapa perusahaan yang HGU nya yang mau habis. Disekitaran wilayah itu,” paparnya

Sementara itu Wakil Bupati Cianjur TB Mulyana Sjahrudin mengungkapkan keinginannya agar Cianjur memiliki stadion sekelas Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

“Keinginan banyak tentunya untuk membangun fasilitas olahraga terutama stadion sepakbola. Saya punya pikiran Cianjur memiliki stadion seperti di Bali,” katanya.

Namun, orang nomor 2 di Kabupaten Cianjur ini menuturkan, pembangunan stadion tak semudah dibayangkan.

“Tapi kan untuk anggaran pembangunan stadion butuh biaya yang besar,” tandasnya. (byu)