SDN Lemburtengah Maksimalkan Potensi Siswa

CIANJUR – SDN Lemburtengah terus menggali potensi siswa untuk mencari bibit-bibit prestasi guna menyambut perhelatan perlombaan bulan bahasa yang akan dilaksanakan pada Oktober nanti.

Sekolah Dasar yang beralamat di Jalan Arif Rahman Hakim Cianjur ini memiliki 751 dibagi 28 rombongan belajar yang dibimbing oleh 39 Tenaga pendidik dan Kependidikan menseleksi siswa dari setiap kelas.

Baca Juga Kepsek SMPN 1 Cilaku Ngadu ke Dewan Pendidikan

Kepala SDN Lemburtengah Cianjur, Siti Nuralam mengatakan, pihaknya melakukan seleksi semata-mata bukan untuk persiapan lomba Bulan Bahasa saja akan tetapi seleksi setiap kelas ini dipersiapkan untuk berbagai lomba lainnya seperti yang akan dilaksanakan pada waktu dekat yakni lomba Polisi Cilik kategori Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) dan Lomba 12 Gerakan Senam Satuan Lalu Lintas.

Selain itu, lomba lainnya yang perlu disiapkan dari sekarang yaitu untuk menyambut Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI pada bulan November nanti.

“Kami ingin memaksimalkan potensi siswa, maka dari itu SDN Lemburtengah, mempersiapkannya jauh-jauh hari untuk mematangkan latihan dan persiapan hingga siswa siap bertanding diajang lomba,” jelasnya.

Ia menuturkan, siswa yang diseleksi oleh pihak SDN Lemburtengah mulai dari kelas rendah hingga kelas tinggi yaitu kelas tiga, empat dan lima.

Baca Juga : KCD Pendidikan Wilayah VI Jabar Digeruduk Massa

“Diseleksi seperti itu supaya siswa yang nanti diikutsertakan pada lomba jenjangnya lebih lama. Siswa yang lolos seleksi akan dilombakan mulai dari tingkat gugus, kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan samapai tingkat nasional. Nah, kalau memilihnya dari kelas tinggi nanti ketika menang lomba sisiwanya sudah lulus,” tuturnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Akib Ibrahim menambahkan, selain dari pada lomba yang nanti akan diadakan pada bulan Oktober 2022 yakni pada bulan bahasa.

“Pihak Disdikpora hanya menekankan setiap sekolah harus mempersiapkan siswa dengan memperbanyak literasi dan pengetahuan digitalisasi, jadi teknisnya, setiap lembaga satuan pendidikan supaya siswanya siap bertanding alangkah baiknya seleksi siswa pernah kelas dari sebelum perhelatan lomba digelar,” ucapnya saat dihubungi via ponsel.

Menurutnya, upaya yang dilakukan di SDN Lemburtengah bisa dijadikan motivasi dan inspirasi sekolah lain agar kedepannya siswa lebih siap dan percaya diri.

“Ya, saya sempat memantau aktifitas disekolah tersebut. Sangat aktif, baik siswa, orangtua dan guru juga koordinasinya baik. Semoga apa yang menjadi program sekolah dapat menunjang untuk menaikan Level IPM Kabupaten Cianjur,” pungkasnya. (hry)