Timnas Indonesia Lumat Timor Leste 4-0

Hokky Caraka, striker timnas Indonesia merayakan gol yang berhasil dicetak ke gawang timnas Timor Leste saat pertandingan kualifikasi Piala Asia U-20 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, kemarin (14/9). FOTO: ANGGER BONDAN/JAWA POS

RADARCIANJUR.com, SURABAYA – Tim nasional U-20 Indonesia mengawali laga kualifikasi Piala Asia 2023 dengan sempurna. Dalam matchday perdana Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya malam ini (14/9), Indonesia mengandaskan Timor Leste dengan skor telak 4-0.

Striker Hokky Caraka menjadi bintang dalam pertandingan ini. Dia mencetak hattrick pada menit ke-12, 30′, dan 49′. Sedangkan satu gol lain dihasilan oleh Rabbani Tasnim Saddiq pada menit ke-89.

Gol Rabbani ini lahir dalam situasi yang unik. Dia mencetak gol lewat tandukan, meneruskan lemparan ke dalam dari Robi Darwis.

Kemenangan ini menempatkan Indonesia di posisi kedua klasemen sementara Grup F. Anak asuhan Shin Tae-yong tersebut berada di bawah Vietnam yang juga mengoleksi tiga poin.

Namun, Vietnam unggul dalam produktifitas mencetak gol. Pada laga perdana yang berlangsung sebelum laga Indonesia kontra Timor Leste, Vietnam membekap Hongkong dengan skor 5-1.

Dinh Xuan Tien mencetak dua gol bagi Vietnam pada menit ke-25 dan 51. Sedangkan tiga gol Vietnam lainnya lahir dari Nguyen Quoc Viet pada lewat eksekusi penalti pada menit ke-32, lalu Khuat Van Khang pada menit ke-58, dan Nguyen Duc Ahn pada menit ke-90+4.

Satu-satunya gol Hongkong lahir dari eksekusi penalti Ellison Tsang pada menit ke-69.

Indonesia akan kembali bertanding pada 16 September mendapatang pada matchday kedua. Yakni berhadapan dengan Hongkong.

Laga terakhir Indonesia adalah saat berhadapan dengan Vietnam pada 18 September. Semua pertandingan itu berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.(jwp)