Dua Crosser Astra Honda Kuasai Podium IndoMX National Championship di Sulsel

Dua Crosser binaan AHM M. Delvintor Alvarizi (Podium Tengah) dan Nuzul Ramzidan (Podium Kiri kedua) berhasil meraih podium pertama dan kedua pada race kedua diputaran ketiga pada gelaran Kejurnas Motocross IndoMX National Championship di sirkuit Malimpung, Pinrang, Sulawesi Selatan (10-11/9).

RADARCIANJUR, Jakarta – Crosser Astra Honda Racing Team (AHRT) M. Delvintor Alvarizi dan Nuzul Ramzidan mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya saat bersaing pada gelaran Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Indonesia IndoMX National Championship seri ketiga di sirkuit MX Malimpung, Pinrang, Sulawesi Selatan (10-11/9). Raihan podium pada seri ini berhasil membuat dua crosser berhasil memuncaki dua klasemen teratas pada kelas MX2.

Menggunakan hasil capaian Qualifying Time Practice yang diselenggarakan pada hari Sabtu (10/9), Delvintor yang sering disapa Adel, berhasil mencatatkan waktu terbaik dan menempati posisi pertama. Sedangkan Zidan menempati posisi ketiga, yang berselisih 2,99 detik dengan puncak. Hasil raihan ini menjadi keuntungan bagi para pebalap AHRT untuk melakukan strategi awal saat posisi start, dengan menempati grid terbaik untuk menaklukan lintasan.

Aksi M. Delvintor Alvarizi (#325) dan Nuzul Ramzidan (#317)di kelas MX2 dalam gelaran Kejurnas Motocross IndoMX National Championship.

Pada Moto 1, dominasi tak terbendung diperlihatkan oleh Delvintor sejak awal jalannya balapan. Dengan menggunakan CRF250R, Delvintor mampu menyuguhkan kemampuan terbaiknya dengan meninggalkan para crosser lainnya yang membuat dirinya melaju di posisi pertama. Konsistensi performanya saat beraksi menjadi kekuatan hingga akhir balapan. Pebalap muda AHRT lainnya, Zidan, harus berjuang keras bersaing dengan dua crosser lainnya dalam perebutan posisi ketiga. Zidan sempat menempati posisi ketiga pada pertengahan balapan namun sayang dirinya harus puas finis di posisi keempat.

Delvintor yang telah berhasil meraih podium pertama pada balapan pertama kembali menunjukkan kualitas terbaiknya. Melakukan start dengan mulus, Adel berhasil mendominasi jalannya balapan dengan menempati posisi pertama hingga akhir jalannya balapan dan mampu memperkecil total catatan waktu hingga hampir 1 menit dibanding Moto 1. Pembuktian dan kerja keras di balapan kedua diperlihatkan oleh Zidan, sejak start awal dirinya berhasil menyodok posisi ke-2 yang bersaing dengan dua pebalap di belakangnya. Sempat hampir turun ke posisi keempat pada pertengahan balapan akibat persaingan dengan crosser lainnya, pemuda asal Riau ini berhasil secara perlahan memperbaiki catatan waktu dan memanfaatkan peluang dengan pesaingnya, sehingga membuatnya secara perlahan menjauh dari para pesaing hingga akhir balapan dan mengisi podium ke-2.

“Balapan kali ini tantangannya semakin besar. Selain Kontur tanah yang sedikit berpasir, perubahan cuaca juga cukup ekstrim. Fokus utama mendapat setting yang tepat dan adaptasi riding style saya terhadap perubahan kondisi tersebut. Saya bersyukur bisa menyelesaikan balap dengan baik dan membawa poin penuh dengan menjuarai Moto 1 dan Moto 2 untuk Astra Honda Racing Team,” ujar Adel.

BACA JUGA Apresiasi Konsumen Honda Scoopy dan Genio Melalui “Movie Date with Honda”

“Moto 1 belum berjalan seperti yang saya targetkan. Tanpa adanya sesi warm up, saya sedikit kesulitan menyesuaikan kondisi sirkuit yang sangat berbeda dari sesi latihan sebelumnya karena hujan. Saya belum maksimal dalam adaptasi sehingga belum mampu mengoptimalkan laju CRF250R. Kondisi berangsur membaik di Moto 2 dan bisa tampil lebih kompetitif hingga finish ke-2. Saya semakin dapat beradaptasi di Astra Honda Racing Team. Semoga pada putaran selanjutnya saya bisa semakin baik lagi,” ujar Zidan.

General Manager Marketing Planning and Analysis PT Astra Honda Motor (AHM) Andy Wijaya mengatakan dua balapan minggu ini sangat menguras energi dan mental para pembalap. Kejurnas ini menjadi salah satu jalur kompetisi dalam melakukan pembinaan secara berjenjang sehingga kemampuan fisik, mental kompetisi dan skill para pebalap dapat terus terasah.

“Hingga seri ini, para pebalap binaan AHM telah menunjukan kualitas balap di tingkat nasional dengan mendominasi dua klasemen teratas. Persaingan sangat ketat dengan pebalap lainnya serta kegigihan para Crosser Astra Honda menjadi peran utama proses pembinaan, sehingga para pembalap ini mampu meningkatkan kemampuannya di tingkat nasional. Harapannya, talenta muda crosser Indonesia ini suatu saat nanti dapat pula mengibarkan bendera Merah Putih di kompetisi tingkat dunia,” ujar Andy.

BACA JUGA Layanan Service Kunjung Honda Bagi Konsumen Difabel

Hingga seri tiga ajang Kejurnas Motocross IndoMX National Championship, Delvintor memuncaki posisi pertama dengan raihan total poin 100 dan Zidan di posisi kedua dengan total poin 78 pada klasemen pebalap. Kejurnas masih menyisakan 3 seri yang akan digelar di wilayah yakni Jawa Barat, Jawa Timur, dan NTB. (*/pay)