Youtube Bakal Terapkan Lima Iklan di Awal Video, Gak Bisa Di-Skip

RADARCIANJUR.com – Bagi pengguna gratisan alias non-premium, iklan di YouTube memang kadang bikin kesal. Iklan ini biasa muncul di awal atau di tengah-tengah video.

Iklan dapat berupa satu iklan atau paling banyak dua iklan dan iklan kedua biasanya dapat di-skip atau dilewati. Namun, sekarang ada laporan bahwa pengguna YouTube (non-premium) akan berurusan dengan hingga lima iklan sekaligus. Kabarnya lima iklan ini tidak dapat dilewati.

Pengguna gratisan akan dipaksa menonton kelima iklan tersebut sampai habis dan tampaknya Google sudah menguji fitur ini di YouTube dan implementasinya akan dimulai bulan ini.

Karena sudah mulai diuji coba, selama beberapa hari terakhir, ada banyak keluhan dari pengguna YouTube gratisan. Para pengguna turun ke Reddit dan Twitter untuk menyuarakan rasa kesal mereka.

Menurut keluhan, pengguna sekarang menerima lima (5) iklan yang tidak dapat dilewati, bukan dua (2). Meskipun pengguna tidak mengatakan panjang setiap iklan, beberapa pengguna Twitter mengatakan kelima iklan tersebut tidak dapat diskip.

Dua iklan saja sudah bikin jengkel, apalagi lima. Iklan YouTube sendiri biasanya memiliki durasi antara 5-30 detik dengan iklan yang terakhir biasanya berdurasi paling lama.

Setelah beberapa keluhan, Tim YouTube menanggapi tweet dengan penjelasan. Perusahaan mengklaim bahwa situasi ini terjadi dengan apa yang disebut “iklan bumper”. Namun, responden mengklaim bahwa setiap iklan hanya berdurasi enam detik sehingga lima iklan yang akan ditangani pengguna tetap tidak melebihi iklan 30 detik biasa.

Perusahaan juga meminta pengguna untuk mengirim feedback langsung dari YouTube melalui tools mengirim feedback. Google ingin mendengar pendapat pengguna tentang “iklan bumper” baru. Sayangnya, tidak ada iklan yang dapat dilewati dan pengguna harus melihat kelima iklan yang mungkin tidak mereka minati.

Saat ini fitur tersebut masih dalam tahap pengujian dan Google mungkin ingin melihat respon pengguna. Meskipun sebagian besar pengguna masih mendapatkan dua iklan dengan yang kedua dapat dilewati di awal video, masih belum jelas apakah fitur lima iklan akan diluncurkan ke lebih banyak akun dalam waktu dekat atau tidak.(jwp)