Cara LBH Cianjur Gembleng Milenial Punya Kemampuan Advokasi Hukum

Kegiatan LBHC Cianjur di Kantor LBH Cianjur, Jalan Kaum Tengah, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur.

RADARCIANJUR.com- LBH Cianjur mengembleng kaum milenial agar mengerti hukum dan mampu mengadvokasi masyarakat yang membutuhkan pendampingan hukum.

Agenda itu berupa pelatihan Karya Bantuan Hukum (Kalabahu) yang bertempat di Kantor LBH Cianjur, Jalan Kaum Tengah, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur.

Ada 30 peserta yang mengikuti terdiri dari kalangan aktivis dan mahasiswa serta petani.

Ketua YLBHC Ubun mengatakan, advokasi hukum merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh para peserta.

“Kemampuan individu untuk mengadvokasi inilah yang menjadi ruh dari kegiatan Kalabahu ini,” katanya.

Ubun bersama rekan-rekan yang merupakan salah seorang dewan pendiri dari YLBH yang berdiri sejak 1992, rekan merasa berkewajiban untuk meneruskan perjuangan dalam menegakan rasa keadilan ditengah masyarakat.

“Walau jaman sudah berubah dan sekarang penegakan hukum lebih dihargai, namun mentranspormasikan nilai-nilai kemanusian dari kacamata hukum wajib terus digalakan oleh YLBHC,” ujarnya.

Bahkan, dimasa lalu Ubun menambahkan, perjuangannya dalam menegakkan hukum seadil-adilnya melalui serangkaian perjuangan yang berat di masa Orde Baru (Orba).

“Dulu perjuangan LBH dalam mengadvokasi masyarakat korban dari sistem otoriter Orba sampai berdarah-darah. Sekarang masyarakat umum bisa menikmati dari perjuangan kita,” tandasnya. (byu)