Wagub Jabar Dorong Santri untuk Bertani

PERTAHANKAN PANGAN: Guna menstabilkan pangan di Jawa Barat, Wakil Gubernur Jawa Barat, H Uu Ruzhanul Ulum turut menyerahkan peralatan pertanian sebagai dukungan dan kemudahan. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Beragam mesin pertanian diserahkan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, H Uu Ruzhanul Ulum untuk program santri tani yang bertempat di UPTD Balai Pengembangan Mekanisasi Pertanian Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Bojongpicung.

Pemberian alat pertanian sebagai langkah ketahanan pangan dan kekhawatiran para santri tak bisa memenuhi kebutuhan sandang dan pangan.

BACA JUGA : Heboh Kasus HIV di Bandung, Wagub Jabar Uu : Sulusinya Nikah dan Poligami

“Saya pesan kepada para petani di daerah jangan sampai menjual sawah aktif dan produktif untuk alasan apapun,” ujar Wakil Gubernur Jawa Barat, H Uu Ruzhanul Ulum.

Bahkan, dirinya berpesan kepada pejabat daerah bupati dan wali kota untuk segera mensahkan tentang Perda Sawah Abadi. Hal tersebut lantaran sektor pertanian meningkat tujuh persen saat pandemi Covid-19 di saat semua sektor ekonomi terkena imbas. Dirinya melihat kekuatan pertanian menjadi benteng kokoh yang menunjang tegaknya NKRI.

“Saya memperhatikan Pertanian menjadi kekuatan ekonomi yang tangguh dalam berbagai krisis, saat dilanda pandemi juga tak goyah, pertanian malah naik tujuh persen,” terangnya.

Lanjutnya, masyarakat bisa menjerit jika tak ada pangan dan stabilitas keamanan negara bisa terganggu.

“Makanya saya mengimbau pemerintah di setiap tingkatan mulai desa hingga bupati menjadikan pertanian sebagai skala prioritas,” jelasnya.

Alat yang diserahkan secara simbolis bantuan alat pertanian seperti mesin potong rumput, traktor, power tracer, dan alat pertanian lainnya.(kim)