Biar Gak Sakit Hati, Ini 5 Cara Mutusin Pacar secara Baik-Baik

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Mengakhiri hubungan adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Memutuskan hubungan tentunya bisa menyakiti hati pasangan kita.

Saat jatuh cinta, kita akan selalu mempercayai hubungan itu akan bertahan lama. Kita bahkan percaya tidak akan ada yang bisa menghancurkannya.

Tapi, mengapa putus bisa terjadi? Penyebab umum perpisahan termasuk diantaranya perbedaan kepribadian, kurangnya waktu yang dihabiskan bersama, perselingkuhan, kurangnya interaksi positif, dan banyak hal lainnya.

BACA JUGA : 7 Alasan Pria Muda Jatuh Cinta dengan Wanita yang Lebih Tua

Perlu diperhatikan bahwa setiap pasangan memiliki kendali emosi tersendiri, termasuk mempertimbangkan kepribadian dan perasaan pasangan. Karenanya, cara mutusin pacar baik-baik perlu diketahui untuk bisa membantu membuat transisi lebih lancar dan tidak berbahaya bagi pasangan.

Putus cinta terpaksa menjadi pilihan terakhir. Mutusin pacar memang sebaiknya dengan cara baik-baik tanpa melukai hati satu sama lain. Dengan demikian, selanjutnya juga tidak ada rasa dendam dan amarah yang tersimpan.

Berikut ini ada 5 cara putus secara baik-baik dilansir dari Genpi.

1. Tenangkan pikiran
Sebelum memutuskan menyudahi hubungan, pastikan keputusanmu sudah bulat. Karena keputusan tanpa keyakinan dan keragu-raguan dapat berujung pada penyesalan dan akhirnya membuat hubungan pasca putus tidak nyaman bagi keduanya.

Renungkan lagi setiap persoalan yang menjadi latar belakang alasan ingin putus dari pacar. Pertimbangkan juga kenangan-kenangan manis dan sifat baik dia yang dulu sudah membuatmu jatuh cinta.

Jika setelah merenungkan berbagai hal itu yakin dengan keputusanmu, barulah lanjutkan dengan langkah selanjutnya.

2. Cari waktu yang tepat
Umumnya, saat permasalahan muncul, terutama saat kata putus mulai muncul dalam benak, emosi dan perasaan menjadi labil dan berantakan. Jangan membuat keputusan disaat-saat seperti ini. Meskipun keputusan sudah bulat. Tenangkan emosimu dan juga pasangan hingga suasana lebih kondusif.

3. Utarakan kata putus secara langsung
Kini saat kamu sudah yakin dan suasana kondusif, saatnya mengutarakan keinginan putus. Tetapkan waktu dan buatlah janji bertemu, karena cara mutusin pacar baik-baik adalah dengan mengutarakannya langsung. Bukan lewat pesan singkat WA smartphone.

4. Pilihlah tempat yang tepat dan netral
Cara putus baik-baik selanjutnya adalah memilih tempat yang netral. Dalam arti tempat baru yang tidak ada kenangan terkait hubungan, baik kenangan buruk ataupun kenangan baik. Usahakan tempat yang kamu pilih bukanlah tempat yang terlalu publik dan ramai. Tempat yang tenang dan tak terlalu ramai lebih direkomendasikan untuk mutusin pacar secara langsung.

5. Perjelas alasan putus
To the point, tidak perlu bertele-tele bagian dari cara mutusin pacar baik-baik. Langsung utarakan keinginanmu, tapi pastikan dia menangkap dengan jelas apa alasannya kamu memutuskan ingin putus darinya.

Sementara itu, melansir dari VeryWellMind, cara mengakhiri hubungan secara baik-baik akan memberikan dampak yang baik juga bagi pasangan, dan perlu rasa saling terbuka.

Pahami, tidak ada cara yang bebas rasa sakit ketika putus cinta. Tidak peduli rusaknya hubungan tersebut, rasa sakit yang dialami harus siap dirasakan kedua pihak. Lakukan dengan face-to-face. Dengan melakukannya setiap pasangan akan merasa lebih bermartabat ketika hubungan berakhir.

Kemudian jangan menyerah atau protes, ketika mengakhiri sebuah hubungan carilah alasan yang benar-benar bisa diterima. Apabila tidak, menyerah hanya akan menunda hal yang tidak terhindarkan, misalnya tidak jadi putus.

Itulah ulasan bagaimana cara mutusin pacar atau mengakhiri hubungan secara baik-baik. (genpi/jpc)