Tahun 2023, Mobil Dinas Pemkab Cianjur Bakal Bertenaga Listrik

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com- Di tengah ramainya penggunaan mobil listrik, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur tengah menganggarkan dana untuk pembelian mobil listrik yang nantinya akan digunakan oleh pejabat di Kabupaten Cianjur. Pembelian mobil listrik tersebut sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022.

Dalam Inpres, disebutkan ada percepatan pelaksanaan program penggunaan Kendaraan Bermotor Berbasis Baterai atau Battery Electric Vehicle. Sehingga kedepannya, kendaraan dinas operasional pemerintah pusat dan daerah akan menggunakan mobil listrik.

BACA JUGA : Cianjur Selatan Lumbung Benih Lobster Terbaik

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, pihaknya akan menganggarkan dana pembelian mobil listrik jenis hybrid secara bertahap pada APBD 2023.

Untuk saat ini, beberapa kepala dinas belum memiliki kendaraan operasional dan banyak yang telah tidak layak pakai. Dengan begitu, pembelian mobil dinas listrik akan dilaksanakan pada 2023.

“Kami akan membeli kendaraan listrik, untuk beberapa orang kepala dinas jenis hybrid. Karena letak geografis Cianjur yang luas dan belum memiliki pengisian mobil listrik (SPKLU),” ujarnya.

Pemkab Cianjur, lanjut Herman, siap melaksanakan rencana pembelian mobil listrik di tahun 2023. Sebab, anggaran perubahan di 2022 masih fokus dalam pembangunan serta perbaikan infrastruktur jalan di beberapa wilayah prioritas.

“Bertahap dulu. Nanti untuk jumlah kami akan sesuaikan dengan pengajuan dari dinas terkait,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Cianjur, Ahmad Danial menjelaskan, terdapat enam kepala dinas yang belum punya kendaraan dinas. Maka dari itu, pihaknya menyiapkan anggaran belanja mobil listrik atas perintah Bupati Cianjur.

Danial menuturkan, kemungkinan tiga unit mobil listrik yang akan dibeli. Sementara tiga kendaraan lainnya masih mobil konvensional dengan bahan bakar minyak.

“Karena harganya mahal, kalau anggaran memungkinkan tahun depan bisa jadi ditambah,” tutupnya. (kim)