Bupati Cianjur Audensi Bersama Buruh SP TKS SPSI Soal Tuntutan Naik Upah

Bupati Cianjur Audensi Bersama Buruh SP TKS SPSI Soal Tuntutan Naik Upah

RADARCIANJUR.com – Bupati Cianjur Herman Suherman menerima puluhan buruh yang tergabung di PC SP TKS SPSI Kabupaten Cianjur saat mendatangi Pendopo Cianjur, Jum’at (21/10/2022).

Maksud dan tujuan para buruh yang bekerja di berbagai perusahaan itu dalam rangka menyampaikan keinginan soal kenaikan Upah Minimum Kerja (UMK) Kabupaten Cianjur agar bisa melonjak naik sebesar 20 persen.

Massa buruh pun kemudian diterima baik oleh Bupati Cianjur dan jajarannya untuk menggelar audensi bersama.

BACA JUGA: Bupati Cianjur Ingatkan TKSK dan Operator SIKS-NG Utamakan Kerja Untuk Rakyat

Ketua PC SP TKS SPSI Kabupaten Cianjur Muhammad Anjar Izzudin mengatakan, pihaknya membahas terkait persiapan kenaikan UMK di tahun 2023 untuk Kabupaten Cianjur yang mana akan bergulir di bulan November.

Ia menyatakan, kenaikan 20 persen UMK dirasa cukup pantas mengingat kaum buruh juga terdampak dengan adanya kenaikan BBM.

“Mengingat situasi dengan adanya kenaikan BBM, dirasa cukup logis dengan kenaikan 20 persen. Saat ini UMK Cianjur berada diangka 2,7 juta ditambah 20 persen sekitar 3 juta lebih,” katanya.

BACA JUGA Menkop UKM RI Ajak Perguruan Tinggi Cetak Lulusan Job Creation

Selain itu, menurutnya Kabupaten Cianjur merupakan sebuah daerah yang dihimpit beberapa daerah yang telah memiliki UMK layak.

“Karena kita berbatasan langsung dengan Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bogor dan lainnya yang upahnya sudah naik,” ujarnya.

Terpisah, Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, hasil audensi dengan PC SP TKS SPSI Kabupaten Cianjur menghasilkan dua usulan.

“Yang pertama ingin ada penyesuaian upah, yang ke dua adalah kesejahteraan. Insyaallah keduanya akan kami musyawarahkan melalui Disnakertrans dan asosiasi pengusaha,” kata Herman.

LIHAT JUGA: Bupati Cianjur Dukung Pembuatan UTD Satelit Oleh PMI

Dengan tuntutan kenaikan yang diusulkan buruh di Cianjur, Herman menegaskan ia sangat menyambut baik.

“Intinya saya mendukung asal dengan catatan proposional,” tandasnya. (byu)