Marak Kasus Gagal Ginjal Akut, Menkes : Sudah Ketemu Obatnya

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

RADARCIANJUR.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memberikan kabar baik perihal kasus gagal ginjal akut progresif atipikal (Acute Kidney Injury/AKI) pada anak.

Budi memastikan, bahwa pasien kasus gagal ginjal di Indonesia sudah bisa disembuhkan. Ditegaskannya bahwa pemerintah telah menemukan obat yang relevan pada penyebab penyakit tersebut.

“Begitu kami tahu penyebabnya apa, toxic-nya apa, kami mencari obatnya untuk para balita yang masuk rumah sakit. Sudah ketemu obatnya, namanya Fomepizole (injeksi),” kata Budi dalam konferensi pers AKI, Jumat, (21/10).

BACA JGUA : Ini Daftar 102 Merek Obat Dikonsumsi Pasien Penderita Gagal Ginjal Akut

Budi menjelaskan obat tersebut kemudian dicoba kepada 10 pasien AKI yang sedang dirawat di RSCM. Adapun hasilnya, reaksi Fomepizole memicu perbaikan gejala pasien dan sebagian lainnya stabil.

“Jadi kami merasa lebih yakin bahwa obat ini efektif. Sekarang Pemerintah Indonesia mendatangkan lebih banyak lagi untuk pasien yang ada sekarang, karena kita sudah tahu penyebabnya apa, itu bisa diobati,” jelas Budi.

Budi berharap kehadiran obat Fomepizole yang sudah diuji coba hingga 3 hari terakhir di RSCM bisa menekan laju kematian pasien AKI. “Obat tersebut hingga sekarang belum tersedia di Indonesia. Sebab, masih harus didatangkan dari produsennya di negara Singapura,” ungkapnya.(dis)