Bupati Cianjur Akui Sudah Tidak Ada Desa Tertinggal

Bupati Cianjur H. Herman Suherman mengunjungi Desa Mekarjaya

RADARCIANJUR.com–Bupati Cianjur H. Herman Suherman mengungkapkan, Kabupaten Cianjur pada tahun 2022 ini berhasil mengentaskan desa tertinggal. Padahal sebelumnya pada tahun 2021 masih ada enam desa tertinggal.

“Pada tahun 2022, atas segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Cianjur menjadi tidak ada desa tertinggal, inilah salah satu yang melatarbelakangi penghargaan diperoleh dari pemerintah pusat,” kata Herman Suherman didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur H. Yanto Hartono beberapa waktu lalu.

Makanya Kabupaten Cianjur pun menerima penghargaan Pertama Desa Berkembang, Maju dan Mandiri dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

BACA JUGA: Bupati Cianjur Terima Penghargaan Pertama Desa Berkembang Maju dan Mandiri

Penghargaan ini diberikan atas komitmen dan kerja keras mendorong percepatan pembangunan desa, sehingga desa mencapai status berkembang, maju, dan mandiri. “Alhamdulilah Kabupaten Cianjur lewat Bupati Cianjur H Herman Suherman mendapatkan penghargaan Pertama Bakti Desa dari Bapak Menteri Desa PDTT,” ungkap Yanto.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Kemendes PDTT Abdul Halim Iskandar secara simbolis yang diterima oleh Kepala Desa Cipendawa Kecamatan Pacet H. Acep Ganda Permana yang didampingi Kadis DPMD Kabupaten Cianjur H. Yanto Hartono, di Kota Cirebon, Selasa (18/10/2022) lalu.

Penghargaan desa dengan status Mandiri Tahun 2022 diberikan kepada kepala desa sebagai apresiasi terhadap kinerja pembangunan desa dalam mencapai status desa Mandiri berdasarkan hasil pemutakhiran data Indeks Desa Membangun Tahun 2022.

BACA JUGA: Ada Padat Karya Bantuan Bensin Tukang Ojek ini Jawaban Bupati Cianjur

Pemberian penghargaan desa dengan status Mandiri Tahun 2022 tersebut ditetapkan melalui Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kepmendes PDTT) Nomor 105 Tahun 2022 tentang Pemberian Penghargaan Desa Dengan Status Mandiri Tahun 2022.

Kemendes PDTT akan terus mendorong berbagai penghargaan khusus bagi desa berstatus desa mandiri. Salah satunya dengan memperjuangkan reward atau imbalan untuk desa mandiri dari kepala daerah setempat.

(rc)