Bupati Cianjur Akan Bangun Jalan Beton Penghubung Cianjur-Bandung Sepanjang 33 Kilometer

JALAN MULUS: Bupati Cianjur, Herman Suherman memantau proses pembangunan jalan beton yang ditargetkan 1.000 kilometer. (Foto Hakim Radar Cianjur)
JALAN MULUS: Bupati Cianjur, Herman Suherman memantau proses pembangunan jalan beton yang ditargetkan 1.000 kilometer. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com-Bupati Cianjur Herman Herman Suherman menargetkan hingga lima tahun jalan beton dengan total panjang 1.000 kilometer di Kabupaten Cianjur akan dibangun. Salah satunya yang akan dibangun adalah jalan penghubung Cianjur selatan dan Kabupaten Bandung sepanjang 33 kilometer.

“Mohon doanya Insya Allah awal tahun 2023 saya akan membangun jalan dari Londok perbatasan Cianjur-Bandung, Mekarjaya, Puncak Baru, Cibuluh sampai Cimaragang sejauh 33 Kilometer dengan lebar 4 meter senilai Rp88 Milyar,” kata Bupati Herman Suherman beberapa waktu lalu.

“Saya berharap dengan dibangunnya jalan beton sepanjang 33 kilometer akan dapat meningkatkan perekonomian, pendidikan dan juga kesehatan di Kecamatan Cidaun,” tambahnya.

BACA JUGA: Jalan Beton 1000 Kilometer di Cianjur Bisa Tercapai dalam Lima Tahun

“Dahulu sewaktu saya bekerja di Dinas Pekerjaan Umum (PU) tahun 2000 saya yang membuka jalan ini dengan menembus hutan yang masih rindang saat itu, agar dapat digunakan oleh warga masyarakat untuk beraktifitas,” tambahnya lagi.

Dan sekarang saat dirinya jadi bupati diamanahkan warga Cianjur untuk menjadi Bupati Cianjur, kembali dirinya manargetkan akan membangun jalan penghubung dua kabupaten tersebut dengan cara dibeton.

Sebelumnya, Bupati Cianjur dan Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman-TB Mulyana Syahrudin menargetkan hingga lima tahun jalan beton dengan total panjang 1.000 kilometer akan dibangun. “Insya Allah akan setiap tahun kita lakukan pembangunan jalan beton,” terangnya beberapa waktu lalu.

Kualitas jalan pun dijamin sudah sesuai dengan ditentukan dengan kualitas bagus. Pengelolaan pembangunan jalan beton tersebut diyakini sesuai target.

BACA JUGA: Bupati Cianjur Janji Bangun Lapang Bola dan PJU di Cintaasih

Mengenai pengerjaan dibagi oleh masing-masing dinas. Untuk jalan kabupaten ditangani oleh PUPR, jalan lingkungan Dinas Kimrumtan dan jalan desa oleh desa sekitar jalan. “Jadi berbagi peran, sehingga kumulatifnya dalam lima tahun kedepan mencapai 1.000 kilometer,” paparnya.

Selain pembangunan, pemeliharaan turut masuk dalam pengelolaan dan pembangunan. Sementara mengenai target, dalam setahun untuk pemeliharaan 350 kilometer dan pembangunan atau peningkatan 113 kilometer. “Dari semua diakumulasikan jika selama lima tahun Insya Allah bisa tercapai,” tambahnya.

(rc/kim)