Instruksi Bupati Cianjur Soal Ketahanan Pangan Manfaatkan Pekarangan Kantor

TANAM CABE: Bupati Cianjur Herman Suherman melaunching program ASN tanam cabai di Cianjur selatan beberapa waktu lalu.(foto ist)
TANAM CABE: Bupati Cianjur Herman Suherman melaunching program ASN tanam cabai di Cianjur selatan beberapa waktu lalu.(foto ist)

RADARCIANJUR.com-Instruksi Bupati Cianjur Herman Suherman soal memanfaatkan pekarangan kantor sebagai program ketahanan pangan, benar-benar dimanfaatkan betul oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Cianjur.

Ya salah satunya dengan memanfaatkan pekarangan dan selokan di sekitar kantor pengelola keuangan tersebut dengan ditanami sayuran dan budidaya ikan. Kegiatan tersebut sudah berlangsung selama hampir dua tahun ini.

“Sesuai Instruksi Bupati Cianjur kami memanfaatkan pekarangan dan halaman kantor dengan ditanami seperti cabe dan budidaya ikan lele, ikan mas dan sayuran, agar lahan juga subur,” kata salah seorang Karyawan BKAD Cianjur Dedi kepada wartawan.

BACA JUGA: Bupati Cianjur Dicegat Ratusan Aggota PMOC Langsung Bilang Mantan Mantap

Sebelumnya, Bupati Cianjur Herman Suherman mengajak warga Cianjur memanfaatkan lahan kecil dan pekarangan rumah dengan menanam sejumlah komoditi pangan.

Menurut Herman Suherman, lahan sekecil apapun jika dimanfaatkan maka akan memberikan hasil yang tidak mengecewakan.

BACA JUGA: Bupati Cianjur Akan Bangun Jalan Beton Penghubung Cianjur-Bandung Sepanjang 33 Kilometer

Sebab, pekarangan jika ditanami berbagai komoditi pangan akan bagus kualitas tanahnya terutama untuk bertanam cabai dan tomat.

“Makanya saya mengajak warga Cianjur, lahan sekecil apapun bisa dimanfaatkan,” kata Herman Suherman.

BACA JUGA: Jalan Beton 1.000 Kilometer di Cianjur Bisa Tercapai dalam Lima Tahun

Bahkan, untuk mendukung hal itu, Pemkab Cianjur kini menyediakan polybag. Polybag itu diberikan gratis kepada warga untuk bercocok tanam di pekarangan rumah masing-masing.

“Silahkan minta melalui pak Lurah atau Kades (diteruskan) ke Dinas Pertanian,” ungkap Herman Suherman.

(rc)