Sampo Kering Picu Kanker Ditarik dari Pasaran

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Diduga mengandung bahan kimia pemicu kanker, sejumlah sampo kering di Amerika Serikat ditarik dari pasaran.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat menyebutkan sejumlah merek sampo memiliki kandungan benzena, bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker.

Sampo label Unilever seperti, Dove, Nexxus, Suave, TIGI, dan TRESemmé. Sampo itu merupakan sampo kering aerosol seperti dikutip Jawapos.com (Grup Radar Cianjur), Rabu (26/10).

BACA JUGA : Wajibkan Vaksinasi Kanker Serviks

Produk yang terkena dampak diproduksi sebelum Oktober 2021 dan didistribusikan di pengecer nasional. Mereka termasuk produk-produk seperti Dove Dry Shampoo Volume and Fullness, Dove Dry Shampoo Kelapa Segar, Nexxus Dry Shampoo Refreshing Mist, dan Suave Professionals Dry Shampoo Refresh and Revive.

Apa itu Benzena? Adalah karsinogen manusia. Paparan benzena dapat terjadi melalui inhalasi, oral, dan melalui kulit, dan dapat menyebabkan kanker termasuk leukemia dan kanker darah.

”Konsumen harus berhenti menggunakan produk sampo kering aerosol yang terkena dampak. Konsumen diminta mengunjungi UnileverRecall.com untuk instruksi tentang cara menerima penggantian untuk produk yang memenuhi syarat,” kata FDA.

Unilever belum menanggapi permintaan komentar. Tahun lalu, Procter & Gamble (PG) menarik lebih dari 30 produk perawatan rambut semprot aerosol. Termasuk banyak sampo dan kondisioner kering, memperingatkan bahwa produk tersebut dapat mengandung benzena.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat menyebut sejumlah produk sampo kering diduga memiliki kandungan bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker, sehingga ditarik dari pasaran.(jwp/rcjr)