Bantu Pemenuhan Darah, IDI Cianjur Ikuti Donor Serentak se-Indonesia

BERBAKTI UNTUK NEGERI: Di Hari Jadi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-72 tahun, IDI Kabupaten Cianjur menggelar donor darah massal di UTD PMI Cianjur. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Di Hari Jadi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-72 tahun, IDI Kabupaten Cianjur menggelar donor darah massal yang diikuti 100 orang anggota. Donor darah tersebut dilakukan secara serentak se-Indonesia.

Wakil Ketua IDI Cianjur, dr Frida Layla Yahya di Cianjur Selasa, mengatakan donor darah yang digelar secara serentak tersebut sebagai upaya memenuhi kebutuhan darah di kabupaten kota termasuk di Cianjur serta untuk memecahkan rekor MURI dengan kategori donor darah terbanyak dari anggota IDI.

“Kita berkoordinasi dengan UTD PMI Cianjur, untuk menggelar donor darah masal yang diikuti seluruh dokter anggota IDI Cianjur, tercatat 100 orang yang hadir dalam kegiatan tersebut, namun hanya 72 orang yang dapat mendonorkan darahnya,” ujarnya.

BACA JUGA: Bupati Cianjur Dukung Pembuatan UTD Satelit Oleh PMI

Lanjutnya, kegiatan tambahan lainnya yakni berupa sosial dengan memberikan makanan tambahan bagi pendonor di UTD PMI, sunatan massal hingga seminar yang berkaitan dengan kesehatan. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan instruksi PB IDI Pusat.

“Tema HUT IDI tahun ini, berbakti untuk negeri mengabdi untuk rakyat satu IDI terus maju. Ini menjadi motivasi pengurus dan anggota IDI di seluruh Indonesia untuk melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan dan sosial termasuk donor darah bekerjasama dengan PMI Pusat,” paparnya.

Kepala UTD PMI Cianjur, dr Susilawati menambahkan, kegiatan yang digelar IDI Cianjur tersebut sangat membantu ketersediaan darah di Cianjur yang sejak tiga bulan terakhir selalu terpenuhi, namun dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat menarik perhatian organisasi lainnya di Cianjur untuk menggelar secara rutin.

“Sangat terbantu tentunya dengan kegiatan yang digelar seratusan anggota IDI mendonorkan darahnya. Untuk memenuhi stok darah sekitar 2.000 kantong darah setiap bulan-nya, kami melakukan jemput bola dengan mendatangi kelompok pendonor yang ada di Cianjur,” terangnya.

LIHAT JUGA: Peduli Korban Bencana Banjir Garut, PMI-IDI Cianjur Galang Dana

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengungkapkan, keberadaan organisasi profesi dokter, sangat membantu pemerintah daerah dalam melakukan berbagai penanganan penyakit terutama selama pandemi serta dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) bidang kesehatan yang masih rendah.

“Kegiatan yang digelar IDI Cianjur selama ini, sangat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan IPM bidang kesehatan, termasuk memberikan pelayanan kesehatan hingga ke pelosok, tenaga kesehatan terutama dokter menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan di Cianjur,” tutupnya. (kim)