Pemkab Cianjur Terima Bantuan Puluhan Ton Beras Cadangan Pemprov Jabar

BANTUAN: Tampak Bupati Cianjur Herman Suherman dan beberapa OPD terkait menerima bantuan beras dari Pemprov Jabar. Foto: Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sebanyak 44,12 ton beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) Pemerintah Provinsi Jawa Barat disalurkan ke Pemkab Cianjur, Senin, (31/10/2022).

Warga Kecamatan Sindangbarang 1.244 KK (4.355 jiwa) mendapatkan beras bantuan beras sebanyak 39.195 kilogram. Sedangkan warga Kecamatan Campaka sebanyak 166 KK (548 jiwa) menerima 4.932 kilogram beras.

Diketahui dua Kecamatan itu terdampak musibah bencana.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, bantuan sejumlah beras akan langsung diserahkan kepada camat dan kepala desa.

BACA JUGA: Stok Beras Bulog Cianjur Aman Hingga Akhir Tahun 2022

“Saya mohon ini tertib administrasi SPJ-nya by name by address harus dilaporkan ke pak gubernur,” katanya.

Herman pun mengucapkan banyak terimakasih kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atas bantuan kepada masyarakat Cianjur yang terdampak bencana.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pak gubernur telah membantu masyarakat Kabupaten Cianjur yang terkena bencana alam,” ungkapnya.

Camat Sindangbaran Indra Sunggara, mengatakan, beras bantuan tersebut akan disalurkan bagi warga yang terdampak bencana banjir di lima desa.

“Kita mendapatkan 39 ton beras untuk Desa Girimukti, Muaracikadu, Saganten, Sirnagalih dan Jayagiri,” kata Indra.

LIHAT JUGA: Tak Terbitkan Izin Impor Beras Sejak 2019, Mendag: Kebutuhan Beras Dipenuhi Bulog dengan Menyerap Beras Petani

Sementara Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat drh. Suprijanto, mengatakan bantuan beras sebanyak 44.127 kilogram yang diserahkan merupakan cadangan pangan pemerintah daerah.

“Jadi setiap pemerintah memang kita mengalokasikan cadangan untuk hal-hal seperti ini untuk jaga-jaga. Intinya jangan sampai terjadi kerawanan pangan di masyarakat,” katanya.

Ia pun mengungkapkan, cadangan beras di Provinsi Jawa Barat saat ini 1.315 ton dikurangi bantuan yang disalurkan ke Pemkab Cianjur.

“Totalnya menjadi sekitar 1.271 ton beras untuk seluruh Jawa Barat bagi bencana dan keadaan darurat,” tandasnya. (byu)