Cianjur Masih Terapkan Tilang Manual, ETLE Tunggu Maksimal

RADARCIANJUR.com – Pemberlakuan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) baik statis maupun Mobile, di sejumlah daerah sudah diberlakukan. Namun, di Kabupaten Cianjur belum diberlakukan lantaran terkendala sarana prasarana.

PAUR Humas Polres Cianjur, Ipda Nana Sunarya mengatakan, pihaknya masih memberlakukan tilang manual lantaran sarana prasarana belum 100 persen.

“Kita saat ini belum menerapkan tilang elektronik, tapi jika sudah siap, akan kita terapkan aturannya di wilayah hukum Polres Cianjur,” ujarnya.

Lanjutnya, mengenai dilarangnya penilangan, pihaknya hanya memberikan imbauan kepada pengendara yang melanggar aturan ringan. Sementara jika sudah membahayakan pengendara lain, maka penindakan tilang dilakukan.

BACA JUGA: Tilang Elektronik bagi Penerobos Palang Lalulintas Kereta

“Kalau masih ringan saja seperti tanpa plat nomor atau spion, kita berikan imbauan. Tapi kalau sudah membahayakan diri sendiri dan orang lain, maka kita tindak dengan tilang,” tuturnya.

ETLE sudah diumumkan melalui surat telegram Nomor: ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022, pada tanggal 18 Oktober 2022 yang ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi atas nama Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo.

Dalam salah satu isi telegram itu mengatur agar jajaran Korlantas memaksimalkan penindakan melalui tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) baik statis maupun Mobile. (kim)