Diduga Napi Berjoget Sambil Mengumbar Rupiah ‘Bak’ di Kosan Bikin Geger Lapas Cianjur

Foto: Screenshot video

RADARCIANJUR.com – Sebuah video memperlihatkan diduga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Cianjur yang tengah mengumbar uang pecahan Rp50-Rp100 ribu ramai diperbincangkan.

Dari rekaman yang ada, WBP tersebut tengah mengumbar sejumlah uang yang diduga hasil melakukan penipuan terhadap Tenaga Kerja Wanita (TKW). Video tersebut rata-rata berdurasi kurang lebih 30 detik di kanal media sosial berbagi video Youtube.

Video tersebut tidak hanya satu, terdapat tiga yang sama sembari diiringi musik dangdut dan menari-nari yang diupload oleh akun Video Share Channel pada 4 Februari 2022.

Pada video pertama, WBP tersebut menggunakan kaos berwarna merah sambil mengisap sebatang rokok sembari berjoget dan menjatuhkan lembaran uang dengan latar tembok berwarna putih serta terlihat lemari biru.

BACA JUGA: Kebakaran di Tanggerang, Lapas Kelas IIB Cianjur Antisipasi Dini

Di video kedua, sama dengan video pertama. Sementara video ketiga, WBP menggunakan kaos berwarna putih sembari berjoget tanpa mengeluarkan lembaran uang dengan latar warna tembok putih dan biru serta terlihat beberapa pakaian yang digantung pada bagian tembok.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka KPLP) Kelas II B Cianjur, M Nurzaman mengatakan, WBP dalam video tersebut memang merupakan WBP yang pernah menjalani hukuman di Lapas Kelas II B Cianjur.

Namun, pada saat menjalani hukuman, terdapat masalah dan dilakukan pemindahan ke sel khusus selama satu pekan. Hingga akhirnya dipindahkan ke Lapas Warung Kiara, Sukabumi.

“Betul yang bersangkutan (WBP, red) pernah menjalani hukuman di sini, tapi sekarang sudah dipindahkan ke Warung Kiara dan informasi terakhir di Banceuy,” ujarnya.

Mengenai video yang beredar pada delapan bulan yang lalu tersebut, pihaknya masih mendalami asal mulanya dan dimana dibuatnya.

Saat ini, pihaknya belum bisa memberikan keterangan lebih perihal viralnya video WBP tersebut.

“Videonya tengah kita dalami dimana dan kapan jelasnya video tersebut,” tuturnya. (kim)