Jelang Akhir Tahun, Perekaman e-KTP Cianjur Masih Tersisa Belasan Ribu Jiwa

Perekaman e-KTP yang dilakukan di Kantor Kecamatan Cipanas, Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sejak Januari hingga November 2022, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur mencatat, sudah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik untuk masyarakat yang sudah berusia 17 tahun sebanyak 1.712.528 dari 1.731.667, sehingga saat ini tersisa dua persen atau 19.129 orang sebelum akhir tahun.

Dominasi kecamatan paling banyak belum melakukan perekaman e-KTP di Kabupaten Cianjur yakni Kecamatan Cianjur sebanyak 1.349 orang, disusul Kecamatan Karang Tengah sebanyak 1.220 orang.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Munajat mengatakan, banyaknya perekaman e-KTP saat ini didominasi di wilayah perkotaan, pasalnya kebanyakan berasal dari luar wilayah Cianjur Kota.

BACA JUGA: Soal NIK Jadi NPWP, Disdukcapil Cianjur Masih Tunggu Teknis

“Jadi di kota banyak itu karena kan kebanyakan dari Selatan dan wilayah lainnya dari mulai sekolah serta kuliah, jadi terdata di sini. Sementara di Selatan, memang jumlah remajanya segitu,” ujarnya.

Dirinya pun mentargetkan hingga akhir tahun 2022, bisa tercapai 100 persen remaja usia 17 tahun sudah melakukan perekaman e-KTP.

“Insya allah dua persen lagi terkejar untuk perekaman seluruhnya. Tentunya ada kendala juga, seperti di Selatan itu kendalanya jarak yang jauh untuk ke tempat perekaman,” ungkapnya.

Pihaknya pun terus mendorong melalui sosialisasi hingga tingkat kecamatan dan desa untuk menarik usia 17 tahun melakukan perekaman. (kim)