Lahirkan SDM Siap Hadapi Perubahan Global

PIMPINAN REKTORAT: Rektor Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur Prof. Dr. H. Dwidja Priyatno, SH,MH, S.Pn (tengah kanan), Wakil Rektor I Dr. Hj. Iis Ristiani S.Pd M.Pd (kanan), Wakil Rektor II Dr. Hj. Mia Amalia, SH, MH (tengah kiri), dan Wakil Rektor III Dr. Anita Kamila, SH, MH (kiri).

RADARCIANJUR.com – Universitas Suryakancana (UNSUR) kembali mempersembahkan lulusannya sebagai sumberdaya manusia yang kompeten dan siap membangun dalam berbagai sektor.

Pada sidang terbuka wisuda Sarjana dan Magister ke XXI Universitas Suryakancana Tahun Akademik 2021-2022 yang digelar hari Kamis (3/11/2022), UNSUR menganugerahkan ijazah kepada 794 orang lulusan, yang terdiri dari 45 orang lulusan bergelar Magister dan 743 orang lulusan bergelar Sarjana.

BACA JUGA: Libatkan Unsur GESI, Kementan Pacu Milenial Mahir Susun Proposal Bisnis

Dari 45 orang lulusan bergelar Magister, 28 orang lulusan bergelar Magister Ilmu Hukum dan 17 orang lulusan bergelar Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Selanjutnya dari 749 orang lulusan bergelar Sarjana, 169 orang lulusan bergelar Sarjana Hukum, 256 orang lulusan bergelar Sarjana Pendidikan, 80 orang lulusan bergelar Sarjana Pertanian, 98 orang lulusan bergelar Sarjana Teknik dan 146 orang lulusan bergelar Sarjana Ekonomi.

Universitas Suryakancana mempunyai Visi “Pada Tahun 2036 Universitas Suryakancana menjadi Perguruan Tinggi Unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keagamaan untuk melahirkan sumber daya manusia yang siap menghadapi perubahan global”.

Untuk mewujudkan Visi tersebut, menetapkan Misi yang akan dijalankan, yaitu: Mengembangkan dan menyelenggarakan pendidikan tinggi berdasarkan kurikulum yang mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dan ASEAN Qualification Reference Framework. Mengembangkan Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi yang handal dan bermutu dengan memperhatikan suasana akademik yang mendukung proses belajar mengajar.

Mengembangkan dosen profesional, dan tenaga kependidikan yang berkualitas dalam mendidik mahasiswa dan melahirkan lulusan sesuai kebutuhan dunia kerja dan memiliki daya saing internasional. Mengembangkan inovasi IPTEKS melalui Penelitian secara mandiri dan kerjasama dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri serta mengimplementasikan hasilnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Mengacu pada Visi tersebut serta menyikapi dinamika perubahan lingkungan strategis saat ini dan tiga tahun mendatang, seluruh pimpinan fakultas terus melakukan perbaikan berkesinambungan (continuous improvement) dalam pengelolaan program dan sumberdaya, terus mengawal perubahan serta menggulirkan transformasi Universitas Suryakancana menjadi perguruan tinggi yang otonom, akuntabel dan transparan.

Suatu hal yang perlu diperhatikan adalah tumbuhnya kepercayaan masyarakat terhadap UNSUR diindikasikan dari tingginya minat masyarakat menempuh pendidikan tinggi di UNSUR. Pada tahun ini saja menerima kurang lebih 1.000 orang mahasiswa baru. Kepercayaan masyarakat ini perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan dengan cara meningkatkan pelayanan di berbagai bidang sesuai Tridharma Perguruan Tinggi.

UNSUR juga dari waktu ke waktu terus meningkatkan kualitas dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi maupun meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana yang ada. Beberapa capaian yang telah diraih UNSUR sampai dengan sekarang diantaranya, Akreditasi Program Studi yang terus ditingkatkan.

Pada tahun 2022 ini dari 17 program studi strata 1 dan strata 2, satu program studi telah terakreditasi A, yaitu program studi Ilmu Hukum, 14 program studi terakreditasi B, 2 Program Studi sedang proses akreditasi karena merupakan program studi baru dan belum menghasilkan lulusan.

BACA JUGA: Optimalkan Tradisi Carita Pantun, Rektor Unsur Buka Sosialisasi PKM Hibah PPM Dosen Lintas Universitas

UNSUR terus berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada. Pada tahun 2022 ini sudah memiliki 2 dosen tetap dengan Jabatan Fungsional Guru Besar yaitu Prof. Dr. Henny Nuraeny, SH., MH dan Prof. Dr. Ahmad Hunaeni Zulkarnaen, SH., MH. Pada tahun 2021-2022 ini juga ada 3 orang dosen yang telah mendapatkan gelar Doktor, yaitu Dr. Adi Rahdian, M.Pd., Dr. Aji Mulyana, SH., MH., Dr. Elsa Komala, M.Pd. Sehingga saat ini jumlah dosen yang bergelar Doktor di UNSUR berjumlah 46 orang. Di samping itu tercatat tidak kurang dari 26 dosen sedang melanjutkan pendidikan doktor di dalam negeri.

Dalam bidang sertifikasi dosen, sampai saat ini telah tercatat 86 orang dosen sudah tersertifikasi. Dalam bidang penelitian pada tahun akademik 2022 ini terdapat 160 artikel dosen telah dipublish. Dari 160 artikel yang telah dipublish 116 dipublish di jurnal nasional tidak terakreditasi, 14 artikel publish di jurnal nasional terindeks Sinta 5, 14 artikel publish di jurnal nasional terindeks Sinta 4, 9 artikel publish di jurnal nasional terindeks Sinta 3, 2 artikel publish di jurnal nasional terindeks Sinta 2 dan 5 artikel publish di jurnal internasional terindeks scopus.

Dosen yang telah publish jurnalnya di jurnal internasional terindek Scopus yaitu Dr. Hj. Mia Amalia, SH., MH., Dr. Adi Rahadian, S.Pd., M.Pd. dan Muhamad Syamsul Taufik, S.Pd., M.Pd. Selain itu pada tahun 2020-2021 terdapat 5 penelitian dan pengabdian dosen yang didanai Kementerian dengan total sebesar Rp951 juta.

Sejak tahun 2014-2022 UNSUR telah mendapatkan bantuan hibah Sarana dan Prasarana dari Kemenristek Dikti, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Cianjur, ESDM, Bank Mandiri dan PT GAS dengan total sebesar Rp2,1 miliar.

Selain itu hibah Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang terdiri dari Hibah KKN Keaksaraan Fungsional, Hibah KKN Pemprov Jabar, Hibah KKN Posdaya Hibah KKN G3T Citarum Harum dan Hibah KKN Kewirausahaan dengan total dana sebesar Rp1 miliar lebih. Dalam bidang penelitian dan pengbadian kepada masyarakat pada tahun 2009-2022 sejumlah dosen telah mendapatkan hibah dari Kemenristek Dikti diantaranya Hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP), Hibah Penelitian Kemitraan Industri, Hibah Penelitian Fundamental, Hibah Bersaing, Hibah Damandiri dan Hibah Dana Pengabdian dengan total dana yang diterima sebesar Rp1,3 miliar.

Sejak tahun 2019 juga mendapatkan dana hibah dari Kemendikbud senilai Rp1,3 miliar, terdiri dari Hibah Penugasan Dosen (PDS), Hibah SPADA Fakultas Sains Terapan, Program Hibah Dana Desa (PHBD), Hibah Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), Hibah Kegiatan Kemahasiswaan Financial Life Skill, Dana Hibah dari USAID, Dana Hibah E-Commes (Faster), Hibah Matching Fund (Faster), Hibah APK PT (S2 PBSI) dan Hibah Komisi Yudisial (Fakultas Hukum).

Pada tahun ini UNSUR terpilih sebagai salah satu Pemenang Bantuan Pemerintah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun Anggaran 2021 dengan anggaran senilai ± Rp1,2 M dari Kemendikbud Ristek. Dalam bidang kemahasiswaan semenjak tahun 2010 UNSUR telah memberikan beasiswa kepada sebanyak 1.331 orang mahasiswa yang bersumber dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kemenristek Dikti, pihak Perbankan dan Beasiswa dari Kementerian Pertahanan dengan total beasiswa sebesar Rp.4,2 miliar. Beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Cianjur sejak tahun 2019 tercatat sejumlah 200 orang yang telah mendapatkan beasiswa total biaya sebesar Rp1 miliar lebih.

Selain itu, semenjak tahun 2014 juga mendapatkan dana hibah untuk kegiatan mahasiswa dari Kemenristek Dikti dengan total penerimaan dana sebesar Rp226 juta.

Pada tahun 2021 dan 2022 mendapatkan beasiswa Jabar Future Leader Scholarship total senilai Rp208 juta.

Sejumlah 64 orang mahasiswa mendapatkan beasiswa Uang Kuliah Tunggal (UKT) senilai total Rp153 juta. Satu orang mahasiswa Fakultas Sains Terapan mendapatkan beasiswa unggulan senilai Rp63 juta lebih. Dalam Bidang pembangunan sarana dan prasarana pada tahun 2022 ini sedang membangun gedung perkuliahan Fakultas Sains Terapan yang didapatkan dari hibah Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Selain sudah bekerjasama dengan 31 perguruan tinggi di luar negeri pada tahun 2022 ini UNSUR juga menjalin kerjsama dengan SEAMOLEC (Southeast Asian Minister of Education Organization Regional Open Learning Center) dalam pengembangan pendidikan, pelaksanan program penelitian dan pengembangan, pelatihan konsultasi dan publikasi di bidang pendidikan terbuka dan jarak jauh. Pada tahun ini juga menjalin kerjasama dengan Yayasan/LPK Mizuno Semangat Bangsa tentang penyelengaraan Tridharma dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui kegiatan internship (magang) Mahasiswa pada perusahaan di Jepang.

Pada Alumni semenjak tahun 2013 telah melaksanakan beberapa kegiatan dalam menjembatani lulusan untuk dipertemukan dengan pihak pengguna tenaga kerja (perusahaan), yakni dengan menyelenggarakan Bursa Kerja yang diikuti oleh 21 perusahaan berskala nasional serta kerjasama dengan pihak perbankan dalam rekrutmen karyawan.

Bahwa Himpunan Alumni memiliki nilai strategis bagi UNSUR sebagai partner yang penting dalam membangun bangsa dan negara pada umumnya dan membangun UNSUR pada khususnya, dan ikut berperan serta dalam program-program, karena sangat terbuka untuk setiap ide, saran, kritik dan kerjasama pada berbagai bidang.

Pada akhirnya selamat kepada seluruh lulusan yang diwisuda hari ini. Ucapan selamat juga disampaikan kepada orang tua dan seluruh keluarga lulusan. Jerih payah dan pengorbanan orang tua dan seluruh keluarga telah membuahkan hasil.(*/nag)