Pameran Foto Radar Bogor, Hasil Jepretan Jurnalistik Peristiwa Selama 24 Tahun

CEO Radar Bogor Grup Hazairin Sitepu bersama Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, dan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim membuka pameran foto di Mall Botani Square, Kota Bogor, Jumat (4/11/2022). Foto: Sofyansyah/Radar Bogor

RADARCIANJUR.com– Radar Bogor (Grup Radar Cianjur) menggelar pameran foto yang menampilkan perjalanan Media Harian Radar Bogor selama 24 tahun.

Pembukaan pameran foto Radar Bogor dibuka langsung CEO Radar Bogor Grup Hazairin Sitepu bersama Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, dan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim di Mall Botani Square, Kota Bogor, Jumat (4/11/2022).

BACA JUGA : Terseret Arus Banjir di Bogor, Jasad Mahasiswi IPB Ditemukan di Jakbar

Pameran foto yang dihelat selama tiga hari ini menampilkan 150 foto peristiwa yang pernah diabadikan Radar Bogor, merupakan kegiatan rangkaian Hari Ulang Tahun ke-24. Acara tersebut dimulai pada Jumat (4/11/2022) dan berakhir pada Minggu (6/11/2022).

Hazairin Sitepu mengatakan, kegiatan pameran dan talkshow merupakan bagian perayaan HUT ke-24 Radar Bogor. Dalam perjalananya, Hazairin menjelaskan Radar Bogor merupakan salah satu media sekaligus yang merekam seluruh peristiwa yang terjadi dalam kurun 24 tahun terakhir.

“Radar Bogor memang industri media yang pada mulanya bagaimana bisa berkembang, bagaimana mendapatkan benefit dari industri itu,” kata Hazairin Sitepu.

Menurutnya, ratusan foto yang terpajang dalam kegiatan pameran di Mall Botani Square hanya sebagian kecil peristiwa yang terjadi. Tak hanya merekan seluruh peristiwa, Radar Bogor juga selalu melahirkan kegiatan-kegiatan besarm

“Terlalu banyak wajah yang harus diperlihatkan, Radar Bogor banyak orang tau apa-apa yang terjadi di Bogor, banyak juga terlahir dari kantor yang berada di wilayah Yasmin itu.

BACA JUGA : Bogor Masih Tergantung Pasokan Beras Cianjur

Diantaranya, melakukan gerakan biopori yang saat ini dilakukan di seluruh Indonesia juga terlahir dari Radar Bogor. “Biopori adalah satu gerakan bagaimana bisa menyelamatkan lingkungan dengan teknologi biopori. (Gerakan ini) terlahir di Radar Bogor,” ucapnya.

Pria yang kerap disapa Bang HS menyebut gerakan biopori menjadi salah satu cara menyelamatkan lingkungan. Kemudian ajang tahunan lomba kebersihan Bogorku Bersih yang kini telah menginjak tahun ke-7 juga terlahir dari Radar Bogor.

“Didalamnya ada lingkungan, bagaimana bisa menyelamatkan lingkungan, kita bisa menata lingkungan bisa menjadi baik sehingga masyarakat bisa menjaga kebersihan,” ungkap Bang HS.

Lalu, Bang HS juga menambahkan jika arus lalulintas macet di Bogor, dapat dipastikan Radar Bogor tengah melakukan sesuatu.

Termasuk peringatan HUT RI yang dikemas dalam event bertajuk Festival Merah Putih (FMP) bersama Komunitas Bogor Sahabat (Bobats) juga selalu menyedot perhatian ribuan peserta yang mengarak bendera raksasa.

“Kalau pada persoalan besar bangsa Indonesia dan dunia, dua tahun lamanya Covid-19, Radar Bogor ikut terlibat dengan bagaimana menyelamatkan pasien kritis dengan menyediakan oksigen gratis,” ungkapnya.

Tak hanya pasien yang berasal dari Bogor, juga beberapa daerah lainnya melalui Gerakan Anak Negeri (GAN). “Banyak lagi hal yang kita lakukan dan semua itu didedikasikan kepada masyarakat, bangsa dan negara,” serusnya.

Terakhir, gerakan kemanusiaan setiap tragedi bencana alam dengan menyambangi lokasi dan juga menyalurkan bantuan. “Selalu ada (GAN) ketika masyarakat membutuhkan, di Aceh sampai charter beberapa pesawat untuk mengangkut dokter, berbagai macam untuk menolong masyarakat di sana. Terakhir kita di Semeru,” terangnya.

“Kita melakukan ekspedisi-ekspedisi, misalnya ke Makasar melalui gerakan anak negeri ke suku terasing dan memotret hukum adat di wilayah suku terasing yakni ke Baduy selama dua hari. Juga merencanakan kulturasi yang lain , ternyata mereka ini memiliki hak yang sama dengan kita-kita ini,” tukasnya.

Selain membuka pameran foto, Radar Bogor juga mengadakan talkshow Rocky Gerung, bersama Dedie A. Rachim dan Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan. Kegiatan itu juga dimeriahkan dengan grup musik KPJ Merdeka Bogor.(ded)