Hiswana Migas Cianjur Santuni Keluarga Korban Ledakan Gas di Cibeber

SOSIAL: Pengurus Hiswana Migas Cianjur saat memberikan bantuan kepada keluarga korban ledakan gas di wilayah Kecamatan Cibeber. (Foto: Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Sejumlah pengurus Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) DPC Kabupaten Cianjur memberikan santunan kepada keluarga korban ledakan tabung gas beberapa waktu lalu di Kampung Pasirkupa, Desa Cisalak, Kecamatan Cibeber, Sabtu (5/11/2022).

Ketua Hiswana Migas DPC Kabupaten Cianjur, Hedi Permadi Boy menyampaikan rasa prihatin atas peristiwa yang menimpa keluarga Bapak Obay (71) dan Ibu Kokom (43) Senin (31/10/2022) sore. Dengan kejadian tersebut, pihaknya berharap kedua korban bisa segera pulih seperti sediakala.

“Musibah yang terjadi memang bukan kehendak kita semua. Hanya saja dari Hiswana Migas akan sangat mendoakan bagi para korban dan keluarga agar diberikan ketabahan serta kesabaran. Semoga semuanya segera diberi kesehatan seperti sediakala,” kata Hedi.

Lebih lanjut ia mengatakan, meski santunan yang diberikan tak sebanding dengan luka yang dialami, namun hal yang dilakukannya itu merupakan salah satu upaya kepedulian Hiswana migas.

BACA JUGA: Kena Ledakan Gas Melon, Dua Warga Cibeber Alami Luka Bakar

“Mungkin santunan yang kami berikan belum begitu besar, tetapi semoga bisa sedikit meringankan beban para korban dan keluarga,” kata orang nomor satu di Hiswana Cianjur tersebut.

Menurutnya, kejadian itu memang sangatlah tidak diharapkan, namun ia mengingatkan kepada masyarakat, ketika tabung gas mengalami kebocoran apalagi itu dari kurangnya respon di saat telah tercium bau gas, maka warga diharapkan bisa lebih mencegah adanya percikan api atau hal yang dapat memicu ledakan.

Salah satunya, kata Hedi, bisa dengan cara membuka ventilasi udara, mengevakuasi tabung yang dirasa bocor ke tempat terbuka, serta jangan sekali-kali menyalakan api dan segera memadamkan aliran listrik.

“Sifat dari kebocoran gas itu sebetulnya ke bawah, bukan ke atas. Apalagi jika di satu ruangan terdapat bahan yang mudah menyambar bahan baku gas, kemungkinan ledakan akan bisa terjadi,” terangnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengharapkan kepada para pengusaha lain untuk sama-sama memberikan kepedulian bagi para korban, terlebih pelaku usaha yang sama di bidang minyak dan gas. Sehingga dapat meringankan beban korban yang tertimpa musibah semacam ini.

“Mudah-mudahan saja dari pengusaha lainnya dapat memberikan santunan kepada keluarga korban, baik itu untuk biaya pengobatan maupun pasca perawatan nanti,” kata dia. (dan)