Klien Ditahan, Pengacara Ajukan Surat Penangguhan

MASUK SEL: Kades Sukajaya Dedi Hidayat setelah menjalani pemeriksaan dan akan masuk sel tahanan Polres Cianjur. Foto: Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pengacara Kepala Desa Sukajaya Dedi Hidayat, D. Muharam Junaedi atau yang akrab disapa Oden hingga kini belum mendapatkan surat resmi mengenai penahanan kliennya itu.

Diketahui Dedi Hidayat resmi ditahan di sel tahanan Mapolres Cianjur setelah sebelumnya diperiksa selama 1×24 jam, Sabtu, (05/11/2022) pada pukul 18.00 WIB.

Sebelumnya, Dedi Hidayat berstatus tersangka atas dugaan penganiayaan pemilik bengkel Fajar di Kampung Kadudampit, Desa Rancagoong tempo lalu.

BACA JUGA: Tersangka Kades Sukajaya Resmi Ditahan Pasca Diperiksa Seharian

Oden membenarkan, kliennya telah dilakukan penahanan di Mapolres Cianjur. Namun pihaknya hingga kini belum mendapatkan surat resmi dari kepolisian.

“Kami sampai saat ini belum menerima secara resmi surat penahanannya,” katanya, Minggu (06/11/2022).

Ia pun mengaku keberatan atas ditahannya Dedi Hidayat walaupun penahanan tersebut merupakan kewenangan pihak penyidik.

Menurutnya, kliennya bersikap kooperatif dan dapat memberikan keterangan di Polres Cianjur sesuai apa yang ditanyakan kepolisian.

LIHAT JUGA: Pasca Tersangka Kades Sukajaya Diperiksa, Pengacara Korban Angkat Bicara

“Pasal 351 KUHP ancaman hukuman di bawah 5 tahun artinya tafsiran pihak kami tidak perlu untuk dilakukan penahanan karena klien kami tidak akan melarikan diri, tidak akan menghilangkan barang bukti dan siap memberikan keterangan kapan pun apabila diperlukan penyidik,” paparnya.

Pasca dilakukan penahanan, Oden akan mengajukan permohonan penangguhan penahanan untuk kliennya itu.

“Hari Senin secara resmi kami akan mengajukan permohon tersebut,” tandasnya. (byu)