Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2022, Tuntaskan 15 Tahun Puasa Gelar Ducati

MotoGP - Valencia Grand Prix - Circuit Ricardo Tormo, Valencia, Spain - November 6, 2022 Ducati Lenovo's Francesco Bagnaia celebrates after winning the world championship REUTERS/Pablo Morano

RADARCIANJUR.com – MotoGP Valencia 2022 di Sirkuit Ricardo Tomo,Spanyol, Minggu (6/11) menjadi panggung bagi Francesco Bagnaia. Rider Ducati, Francesco Bagnaia, berhasil meraih gelar dunia MotoGP 2022.

Saat pertandingan berlangsung Bagnaia sempat terlibat senggolan dengan Quartararo pada lap kedelapan. Winglet kanan motor Bagnaia patah.

BACA JUGA : Motor Terbaru hingga Nuansa Balap MotoGP Jadi Suguhan Menarik AHM di IIMS 2022

Alex Rins yang memulai balapan dari posisi kelima, langsung memimpin balapan atas Jorge Martin, Marc Marquez dan Jack Miller.

Bagnaia dan Quartararo bersaing ketat memperebutkan posisi kelima di awal balapan.

Setelah beberapa lap kemudian, Quartararo mampu menyalip Bagnaia di posisi kelima. Quartararo kemudian naik posisi keempat setelah Marc Marquez mengalami kecelakaan di tikungan delapan lap 10.

Bagnaia perlahan tapi pasti mulai menurun performanya. Pembalap Ducati itu disalip Brad Binder dan Joan Mir untuk berada di posisi ketujuh memasuki lap ke-15.

Bagnaia terlihat enggan mengambil risiko untuk menyalip setelah melorot ke posisi sembilan setelah disalip Miguel Oliveira, Luca Marini, dan Enea Bastianini memasuki lap 22.

Hingga 27 putaran MotoGP Valencia 2022, Alex Rins menjadi pemenangnya. Brad Binder dan Jorge Martin yang melengkapi posisi podium.

Bagnaia finis di posisi kesembilan dalam race di MotoGP Valencia. Dia pun mengunci posisi teratas klasemen MotoGP 2022 dengan raihan 265 poin.

Nama Francesco Bagnaia menjadi sorotan lantaran dia menjadi andalan untuk mengakhiri puasa gelar juara dunia dari Ducati sejak 2007 lalu.

BACA JUGA : Hasil MotoGP Indonesia: Oliveira Juara, Disusul Quartararo dan Zarco

Bagnaia memimpin klasemen MotoGP 2022 dengan kumpulan 258 poin.

Pembalap milik Ducati itu unggul 23 angka dari pesaing terberatnya, Fabio Quartararo yang menginti di peringkat kedua.

Dengan fakta di atas, dapat di bilang, satu kaki Bagnaia sudah menginjak gelar juara MotoGP 2022.

Keberhasilan ini membuat Bagnaia menyudahi puasa gelar Ducati selama 15 tahun. Sebelum ini, pebalap Ducati terakhir yang menjadi juara dunia adalah Casey Stoner pada 2007.

Peraih juara MotoGP dari masa ke masa didominasi oleh pabrikan Yamaha yang memiliki pembalap-pembalap mentereng.

Salah satunya yang namanya masih harum di telinga, Valentino Rossi.

Pria asal Italia itu sudah tujuh kali merasakan gelar juara dunia MotoGP selama kariernya menjadi pembalap.(net)