Diduga ‘Tilep’ Dana Puluhan Juta, Oknum ASN di Campaka Diperiksa Itda

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) berinisial A di Kecamatan Campaka diduga melakukan penyelewenggan dana ketahanan pangan kegiatan peningkatan produksi ternak bersumber dari dana tahap II sebesar Rp95.987.000.

Diketahui penyelewengan anggaran tersebut saat A menjabat sebagai Pelaksana Jabatan (PJ) di Desa Wangunjaya pada tahun 2022.

Saat ini temuan dugaan penyelewengan anggaran itu telah ditangani Inspektorat Daerah (Itda) Cianjur.

BACA JUGA: Inspektorat Tak Tanggap Kasus Kades J, Komisi A : Jangan Menunggu Bola.

Irbansus Inspektorat Daerah (Itda) Kabupaten Cianjur, Pujo Nugroho membenarkan, pihaknya tengah menangani kasus tersebut.

“Untuk pemeriksaan Desa Wangunjaya itu masuknya pemeriksaan reguler diakhir masa jabatannya oleh Irban satu dibulan Agustus, bulan Oktober Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) sudah keluar dan telah dikirimkan ke bersangkutan,” katanya, Selasa (08/11/2022).

Saat ini Pujo menambahkan, Oknum ASN A dituntut untuk mengembalikan dana tersebut dan diberi masa tenggang waktu 60 hari masa kerja.

LIHAT JUGA: Bupati Tanggapi Kasus Kades Ditahan Polisi, Herman: Jadi Pemimpin ‘Ulah Ngajago’

“Selama masa pro administrasi ini menjadi sebuah kewajiban ia harus memiliki rasa tanggung jawab mengembalikan,” ungkapnya.

Ia pun menyatakan, jika dalam waktu 60 hari tidak terselesaikan maka perbuatan oknum ASN menjadi ranah penegak hukum.

“Jika itu dilaksanakan oleh yang bersangkutan akan selesai dan tidak menjadi ranah korupsi,” paparnya.

Sementara itu, dikonfirmasi Radar Cianjur mengenai dugaan penyelewengan anggaran anggaran ketahanan pangan, oknum ASN A tidak menjawab pesan singkat whatsapp dan telepon. (byu)