Disdukcapil Cianjur Sasar ASN Terapkan KTP Digital

(Dokumentasi/ Jawa Pos)

RADARCIANJUR.com – Pemerintah saat ini sudah melakukan peralihan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP ke KTP digital yang mudah dan lebih efisien dengan tersimpan di aplikasi pada gawai atau ponsel.

Sebelum diberlakukan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur tengah menyasar ke Aparatur Sipil Negara (ASN).

Berdasarkan data Sekoci PKSDM, terdapat 9.821 ASN di Kabupaten Cianjur dan 6.097 ASN sudah diterapkan KTP digital.

“Per pekan kemarin, sudah diterpakan ke 6.097 ASN. Saat ini sedang roadshow ke setiap kecamatan-kecamatan untuk door to door ke ASN yang ada di kecamatan,” ujar Kadisdukcapil Kabupaten Cianjur, Munajat.

BACA JUGA: Soal NIK Jadi NPWP, Disdukcapil Cianjur Masih Tunggu Teknis

Lanjut Munajat, yang menjadi hambatan penggunaan KTP digital belum bisa secara optimal. Pasalnya bermitra dengan lembaga lain yang masih berproses untuk penerapannya.

“Dimungkinkan bisa di akhir tahun. Target selanjutnya masyarakat, namun diharapkan menyasar mahasiswa karena mengerti dengan digital,” ungkapnya.

Namun, masyarakat tidak perlu khawatir dengan peralihan e-KTP ke KTP digital. Pasalnya, e-KTP masih bisa digunakan meski sudah ada pemberlakukan KTP digital.

Selain itu, peralihan atau adanya KTP digital dinilai sangat membantu pemerintah, terlebih mengenai akses satu data.

“Kepentingannya untuk pemerintah sebagai satu data, sehingga terakses ke semua. Sehingga lebih fleksibel melalui KTP digital,” tutupnya. (kim)