Napi Lapas Cianjur Diawasi Petugas, Setiap Sekat Dipantau Ketat

MONITOR: Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka KPLP) Kelas II B Cianjur, M Nurzaman tengah memeriksa beberapa sudut di Lapas yang berdekatan dengan lingkungan sekitar. (Foto: Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Mengantisipasi adanya gangguan keamanan di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cianjur, setiap sudut dilakukan peninjauan seperti area branggang dan pos pengawasan menara.

Para petugas pengawas menara memiliki tugas khusus untuk menghindari gangguan keamanan dan ketertiban khususnya pelarian.

“Sebagai petugas pengamanan, kita harus siap dimanapun ditugaskan, dengan selalu mengingat waspada, kita harus selalu siaga dalam kondisi apapun. Terutama di area pos pengawasan menara agar selalu memantau kondisi area pengawasannya dengan melaporkan sekecil apapun apabila terlihat hal-hal yang mencurigakan,” ujar Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka KPLP) Kelas II B Cianjur, M Nurzaman.

BACA JUGA: Diduga Napi Berjoget Sambil Mengumbar Rupiah ‘Bak’ di Kosan Bikin Geger Lapas Cianjur

“Ini merupakan salah satu langkah yang rutin kami lakukan dalam mencegah gangguan keamanan dan ketertiban agar terhindar dari upaya-upaya pelarian dan gangguan keamanan yang dapat terjadi kapanpun dan dimanapun,” sambungnya.

Selain melakukan pemeriksaan branggang dan pos pengawas menara, pihaknya pun memberikan pengarahan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terkait pengendalian gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas Kelas II B Cianjur secara langsung di area selasar tiap blok hunian.

Sebanyak empat blok yang terdiri dari Blok A, Blok B, Blok C dan Blok D disampaikan arahan secara langsung dengan didampingi Komandan Regu Pengamanan. Nurzaman menyampaikan bahwa pentingnya mematuhi tata tertib di lingkungan Lapas Kelas II B Cianjur akan sangat berdampak pada masa pembinaan di lapas sampai dengan keadaan Lapas yang kondusif.

“Untuk semua Warga Binaan Lapas Cianjur, saya ingatkan untuk selalu mentaati tata tertib dan peraturan yang berlaku di Lapas Cianjur. Jangan sampai sekali-kali melanggar peraturan yang telah ada,” katanya.

Hal tersebut, menurutnya, dapat mengganggu proses pembinaan di Lapas Cianjur, seperti apabila ada yang ikut program, itu bisa terhambat, dan secara tidak langsung kondusifitas di Lapas Cianjur juga turut menjadi sorotan.

“Maka mari kita bersama-sama menjalankan kewajiban kita sebagaimana mestinya, agar terciptanya kondisi lapas yang aman dan tertib,” ajaknya. (kim)