5 Tips Merawat Kulit Agar Tidak Kering

RADARCIANJUR.com- Masalah kulit kering kadang dianggap sepele dibandingkan kulit berminyak yang rentan berjerawat. Anggapan ini keliru karena kulit kering justru lebih mudah terlihat kusam, berisiko terinfeksi, dan terkena dampak masalah kulit lainnya. Diperlukan cara untuk mengatasi kulit kering.

Nah ada beberapa tips merawat kulit kering yang di lansir dari beberapa sumber :

1. Menghindari mandi terlalu lama dengan air panas
Banyak orang senang mandi atau berendam dengan air panas karena membuat tubuh terasa santai setelah hari yang sibuk. Namun, mandi terlalu lama dengan air panas yang dibiasakan justru tidak baik bagi kulit. Suhu air yang panas dapat mengangkat minyak alami kulit lebih cepat dibandingkan air yang hangat.
Padahal, minyak alami seharusnya berfungsi melindungi kulit supaya tetap lembap. Akibatnya, kulit pun menjadi kering dan mudah bersisik.

Waktu mandi ideal menurut para ahli adalah 5 – 10 menit, tergantung suhu air.
Durasi ini belum termasuk keramas dan tentu lebih singkat bila Anda menggunakan air hangat. Sebagai alternatifnya, Anda bisa mandi menggunakan air bersuhu suam-suam kuku.

BACA JUGA : 10 Tips Jalani Hubungan LDR, Dijamin Awet Sampai Nikah

2. Gunakan sabun berbahan lembut
Bila Anda mengalami kulit kering, hindari menggunakan sabun atau produk perawatan kulit lain yang berbahan keras, seperti parfum dan alkohol. Hal ini karena kandungan kimia di dalam produk tersebut bisa membuat kulit rusak dan iritasi, sehingga mudah kering.
Pilihlah sabun berbahan lembut (mild soap) yang berbahan dasar minyak.

3. Menggunakan pelembap secara rutin
Pelembap adalah produk yang tak boleh ketinggalan dalam rangkaian perawatan kulit kering. Pemakaian pelembap memiliki fungsi penting dalam mengunci kelembapan kulit sehingga lapisan pelindung kulit senantiasa terjaga dari kerusakan.

Pelembap untuk kulit kering sebaiknya mempunyai kemampuan melembapkan yang tinggi. Leslie Baumann, MD, direktur Kosmetik Kedokteran di University of Miami, AS, menyarankan produk mengandung shea butter, ceramide, asam stearat, atau gliserin.

Anda juga dapat mengatasi kulit kering dengan cara memakai pelembap mengandung asam laktat.Senyawa ini membantu melepaskan lapisan teratas kulit yang kering dan bersisik, serta menembus lapisan di bawahnya untuk mengisi ruang antarsel kulit.

Waktu terbaik menggunakan produk pelembap adalah setelah mandi. Pasalnya, kulit masih setengah lembap sehingga mudah menyerap kandungan produk perawatan.
Oleskan agak banyak setidaknya dua kali sehari agar kulit terhidrasi dengan baik.

4. Gunakan tabir surya dan pelembap
Bagi Anda yang memiliki kulit kering, penggunaan pelembap secara rutin sangat penting guna menjaga kelembapan kulit. Pilihlah pelembap dengan kandungan ceramide yang dapat meredakan kulit kering, serta asam hialuronat, gliserin, dan urea yang dapat menjaga kulit tetap terhidrasi.

Selain itu, pelembap dengan kandungan lanolin dan petroleum jelly juga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi. Tak hanya pelembap, Anda juga dianjurkan untuk mengoleskan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 15 sebelum beraktivitas di luar ruangan.

5.Lakukan perawatan di malam hari
Perawatan kulit tidak hanya dilakukan pada siang hari, tetapi juga pada malam hari sebelum Anda tidur. Untuk perawatan kulit wajah, Anda bisa menggunakan make up remover untuk menghilangkan sisa make up dan kotoran.

Selanjutnya, bersihkan wajah menggunakan sabun berbahan lembut. Anda pun bisa menggunakan krim malam setelahnya. Untuk perawatan kulit tubuh, oleskan pelembap pada kulit sesaat setelah mandi.Lamanya tidur malam juga turut memberikan waktu yang lebih panjang bagi pelembap untuk lebih meresap ke kulit.

BACA JUGA : Cara Terhindar Dari Insomnia

Nah itu adalah 5 tips agar kulit tidak kering Selain beberapa cara di atas, selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga penting dilakukan untuk menjaga kulit tetap lembap, sehat, dan terhindar dari dehidrasi.

Jika keluhan kulit kering tetap mengganggu meski telah mencoba cara merawat kulit kering di atas, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, sebab kulit kering juga bisa menjadi tanda penyakit kulit yang bersifat serius dan memerlukan penanganan oleh dokter.(Mg1)