Peringati Hari Pahlawan, Yonarmed 5/105 Tarik/PG, Adakan Operasi Katarak Gratis

UNTUK RAKYAT: Selain menjaga perbatasan Indonesia-Malaysia, Yonarmed 5/105 Tarik/Pancagiri turut berkontribusi untuk masyarakat dengan menggelar operasi mata katarak secara gratis. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Pada peringatan Hari Pahlawan, Satgas Pamtas Yonarmed 5/105 Tarik/Pancagiri bersama dengan Pemkab Malinau, RSUD Malinau dan Perhimpunan Spesialis Dokter Mata Indonesia (Perdami) menggelar operasi Bu katarak secara gratis.

Kegiatan yang dipusatkan di RSUD Malinau ini dibuka secara simbolis dihadiri sejumlah pejabat FKPD dan peserta operasi katarak yang sudah lolos pemeriksaan screening di Puskesmas Malinau Kota pada Senin 7 November 2022.

BACA JUGA: Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 5 105 Tarik Pancagiri Bantu Karya Bakti Cor Jalan Warga

“Pelaksanaan layanan operasi katarak gratis bagi masyarakat di perbatasan sebagai implementasi dari tujuh perintah harian Kasad, dimana TNI-AD harus hadir ditengah kesulitan masyarakat dan senantiasa menjadi solusi serta lakukan tindakan yang berdampak kesejateran rakyat agar menumbuhkan kecintaan rakyat pada TNI-AD,” ujar Dansatgas Pamtas RI-Malaysia, Mayor Arm Yan Octa.

Lanjutnya, untuk mendapatkan layanan operasi katarak masyarakat Kabupaten Malinau harus ke Kota Tarakan yang bisa ditempuh mengunakan transportasi air speedboat denfan waktu tempuh tiga jam atau ke Kota Tanjung Selor mengunakan transportasi darat dengan waktu tempuh lima jam perjalanan.

“Sehingga dengan layanan operasi katarak gratis diharapkan dapat membantu dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di perbatasan,” harapnya. (kim)