Delapan Stadion Di Indonesia Yang Berstatus Layak Pakai

Stadion Jatidiri ( Semarang)

RADARCIANJUR.com- Kementrian PUPR bergabung dalam tim task force transformasi sepak bola Indonesia. Kementerian PUPR bertugas untuk mengaudit stadion-stadion yang digunakan klub-klub Liga 1 dan 2.

Rencananya ada 22 stadion yang akan diperbaiki, namun belum ada konfirmasi lebih lanjut mengenai stadion mana saja yang akan diperbaiki selain Kanjuruhan. Hal ini juga akan menjadi kendala untuk keberlansungan kelanjutan dari Liga 1.

BACA JUGA : Prakiraan Cuaca Hari Ini 11 November 2022, Hujan Lebat Guyur Cianjur

Menurut Komisaris Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Juni Rachman butuh waktu lama jika kelanjutan kompetisi harus menunggu ke-22 stadion itu selesai direnovasi.

Sebab, proses renovasi stadion tidak bisa instan.”Nggak mungkin dikerjain hari ini, lalu besok selesai. Butuh waktu minimal satu tahun anggaran. Ya, itu paling cepat. Bisa juga dua tahun anggaran atau multiyear,” ujar Juni dilansir dari Jawa pos.

Kompetisi digelar dengan format tersentralisasi bisa menjadi opsi untuk kelanjutan dari Liga 1. Nantinya pertandingan akan digelar di stadion-stadion yang dianggap layak. Ada delapan stadion di Indonesia yang sudah dinyatakan layak. Salah satunya adalah stadion Batakan ( Balikpapan) dan Stadion Jatidiri ( Semarang).

“Bisa jadi itu (tersentralisasi, Red) merupakan opsi terbaik. Tapi, kami masih melihat izinnya,” ujar anggota Komite Eksekutif PSSI.

Menggelar kompetisi dengan format tersentralisasi bukan hal yang baru bagi PT LIB, karena konsep ini pernah dipakai pada saat pandemi Covid-19.

Dalam semusim, Liga 1 dibagi menjadi lima series. Series pertama digelar di Jabodetabek. Series kedua dan ketiga dimainkan di Jogjakarta-Jawa Tengah. Lalu, series keempat dan kelima dimainkan di Bali.

BACA JUGA : Setelah Menjanda Feni Rose Takut Ketemu Cowok Buaya

”Saya belum berani menjawab. Nanti kalau sudah ada informasi soal perizinan, akan saya jawab,” tegasnya.

Para pelatih dan pemain sepak bola Indonesia berharap kompetisi ini bisa cepat digelar. (mg2/jawa pos)