Dampak Resesi Global, Eddy Soeparno: Kita Punya Budaya Gotong Royong

TINJAU: Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno saat melihat produk UMKM Kabupaten Cianjur. (Foto Hakim/ Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com – Sejumlah negara sudah merasakan resesi ekonomi. Bahkan, puncaknya dikabarkan pada tahun 2023 mendatang. Indonesia salah satu negara yang akan terkena dampak tersebut namun tidak terlalu besar. Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno.

Dirinya percaya, resesi yang terjadi tidak terlalu besar terhadap Indonesia. Lantaran, negara ini memiliki budaya gotong royong yang sudah turun temurun.

“Resesi akan ada dampaknya, terdampak tapi tidak separah negara lain. Tapi saya percaya perekonomian Indonesia kuat. Dikarenakan budaya gotong royong, rasa peduli dengan sesama, saling membantu dan saling berkorban. Meski kondisi berat, namun karena memiliki budaya yang seperti itu, masyarakat akan memiliki daya tahan yang kuat,” ujarnya.

BACA JUGA: Jangan Biarkan Para Penista Agama, DPD PAN Cianjur Dukung Kang Eddy

Lanjut pria yang disapa Kang Eddy ini, di saat negara lain membutuhkan gas dan batu bara untuk membangkitkan listrik, sementara Indonesia memiliki semua hal tersebut. Meskipun Indonesia tidak memiliki hal lain, tapi Indonesia memiliki segudang sumberdaya yang bisa menjadi cadangan yang dimanfaatkan.

Selain itu, negara ini memiliki pilar ekonomi dengan daya tahan yang besar yakni Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi pilar ekonomi Indonesia.

“Jika tidak ada UMKM, Indonesia akan kesulitan. Lantaran UMKM pilar ekonomi Indonesia dengan daya tahan yang besar dengan jaringan persaudaraan dan pertemanan,” tutupnya. (kim)